Post Page Advertisement [Top]

HumasKesiswaanKurikulum

Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran MA YAPIS AL-Oesmaniyyah Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021


PEDOMAN PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN

SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020-2021

MADRASAH ALIYAH YPIS AL-OESMANIYYAH PTDII

JAKARTA

 

A.            LATAR BELAKANG

                        Dalam kondisi darurat, kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan secara normal seperti biasanya, namun demikian peserta didik harus tetap mendapatkan layanan pendidikan dan pembelajaran.

                        Pada masa darurat Covid-19, madrasah telah melaksanakan kegiatan pembelajaran di tengah kondisi darurat sesuai dengan kondisi dan kreatifitas masing-masing madrasah dimana peserta didik belajar dari rumah dengan bimbingan dari guru dan orang tua.

                        Menghadapi semester genap tahun pelajaran 2020/2021 yang masih dalam masa darurat, tentunya madrasah membutuhkan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran yaitu Kurikulum Darurat yang merupakan kurikulum tingkat satuan pendidikan yang disusun dan dilaksanakan oleh satuan pendidikan pada masa darurat dengan memperhatikan rambu-rambu ketentuan yang berlaku serta kondisi keterbatasan masing-masing satuan pendidikan di masa darurat. Masa darurat yang dimaksud bukan hanya pada masa darurat wabah Corona Virus Disease (Covid-19), tetapi berlaku pula pada masa darurat karena terjadi bencana alam, huru-hara dan sebagainya.

 

B.             DASAR HUKUM

 

  1. KMA nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah
  2. KMA nomor 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah
  3. Surat Keputusan Dirjen Pendis Nomor 6981 Tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyusunan dan pengembangan KTSP
  4. Surat Keputusan Menteri Kesehatan No.HK.01.07/MENKES/ 328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat KerjaPerkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha Pada Situasi Pandemi.
  5. Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2491 Tahun 2020 tentang Kalender Pendidikan Madrasah TP. 2020/2021, dan
  6. Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2791 Tahun 2020 tentang Panduan Kurikulum Darurat pada Madrasah
  7. Surat Edaran no 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa DaruratPenyebaran Covid 19
  8. Surat Edaran Kemendikbud nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Covid 19
  9. Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor : B-937/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/05/2020 tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah

 

C.            PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN

Pembelajaran  peserta didik MA YAPIS Al-Oesmaniyyah pada semester genap dilakukan secara daring (dalam jaringan) yang diselenggarakan dengan:

    1. Belajar secara mandiri dan terbimbing dengan menggunakan beragam sumber belajar. Belajar Mandiri adalah proses pembelajaran yang inisiasi oleh peserta didik dalam periode waktu tertentu.  Untuk membantu proses belajar mandiri peserta didik, Guru menyiapkan beragam tugas dan pemicu/inisiasi dengan pemanfaatan TIK. Belajar terbimbing adalah proses pembelajaran yang disediakan oleh Madrasah untuk membantu proses belajar mengajar peserta didik dalam bentuk pembelajaran jarak jauh.
    2. Menggunakan bahan ajar dalam bentuk digital yang dikombinasikan dengan bahan ajar lain dalam beragam bentuk, format, media dan sumber belajar.
    3. Memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
    4. Interaksi pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan meminimalisir interaksi langsung.


D. LANGKAH-LANGKAH PENYELENGGARAAN PEMBELAJARAN
1. Persiapan

a. Madrasah hanya diperbolehkan menyelenggarakan kegiatan kurikuler melalui pembelajaran,  penilaian dan ujian baik tulis maupun praktek.

b. Madrasah menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran bagi peserta didik yang belajar secara daring/luring serta guru yang mengajar secara daring/luring.

c. Madrasah menerapkan protokol kesehatan sebagai mana ditetapkan dalam Surat Edaran Kemendikbud nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Covid 19    dan Surat Edaran Dirjen Pendis Nomor : B-937/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/05/2020 tentang Kurikulum Darurat pada Madrasah.

 2. Pelaksanaan

a. Madrasah melaporkan penyelenggaraan pembelajaran secara rutin pada Satgas Covid-19 melalui pengawas madrasah.

b. Seluruh warga madrasah, guru, peserta didik dan tenaga kependidikan yang melakukan kegiatan harus dalam keadaan sehat dan dapat mengelola dan mengontrol bagi yang memiliki penyakit penyerta (comorbid)

c. Madrasah melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19, seperti pengecekan suhu tubuh bagi warga madrasah yang akan memasuki area madrasah, menghindari proses pembelajaran yang bersifat tertutup, menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, pemakaian masker, membatasi kapasitas ruangan maksimal 50%, mensosialisasikan kebiasaan hidup sehat dan bersih.

 

3. Pemantauan

a. Madrasah wajib memenuhi sarana dan prasarana yang dipersyaratkan pada standar daftar periksa dan semua ketentuan yang tecantum dalam cheeklist mekanisme pembelajaran secara luring.

b. Madrasah menegakkan standar operasional prosedur protokol kesehatan serta melakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan standar operasional prosedur penegakan protokol kesehatan.

c. Pembelajaran tatap muka dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

                                                                                                Jakarta, 04 Januari 2021

                                                                                                Kepala Madrasah

                                                                                                ttd

                                                                                               Drs. Muslimin                                                                                                                                                                               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]