Post Page Advertisement [Top]

ArtikelpendidikanPrestasi

31 SISWA MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH JAKARTA LOLOS SPAN-PTKIN 2022: LUAR BIASA

Jakarta, 15 April 2022

Sebanyak 31 Siswa Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta lolos Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Nasional (SPAN-PTKIN). 2022. Kabar ini tentunya melengkapi kebahagiaan warga madrasah pinggir teluk Jakarta ini, karena sebelunya  19 siswa madrasah pinggir Terminal Tanjung Priok ini sudah mendapatkan Tiket masuk Perguruan Tinggi Negeri di bawah naungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui jalur SNMPTN, SNMPN, PMDK Poltek Negeri Madura dan PMKAB Poltek Negeri Lampung, dan Jalur Mandiri Test Tulis CBT I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh perguruan tinggi dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.


Perguruan Tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi melalui SPAN-PTKIN.

Tahun 2022 ini jumlah pendaftar SPAN PTKIN madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah berjumlah 54 siswa dari total siswa kelas XII sebanyak 62 siswa. Capaian prosentase jumlah pendaftar tidak bisa mencapai 100% disebabkan dari  16  siswa yang mendaftar SNMPTN 2022 ternyata 9 diantaranya sudah mendapatkan tiket masuk diberbagai PTN sebelum tanggal finalisasi SPAN PTKIN. Untuk menghindari black list  dari PTKIN maka oleh Tim Pengembang MA YAPIS Al-Oesmaniyyah  dilakukan langkag antisipasi dengan memberikan saran kepada siswa yang sudah mendapat tiket SNMPTN untuk tidak melakukan finalisasi.

Kepala Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, Bapak Drs. Muslimin tidak bisa menyembunyikan rasa kegembiraannya. "Alhamdulillah, Allah berikan jalan kemudahan untuk anak-anak  yang mendaftar SPAN PTKIN. Capaian ini luar biasa, saya bangga, selaku Kepala Madrasah dan pribadi saya sampaikan Selamat dan Sukses. Mudah-mudahan keberhasilan ini memberikan dampak kebaikan untuk warga madrasah secara khusus dan untuk umat Islam secara umum. Sekali lagi Selamat dan Sukses", sambut Bapak Kepala Madrasah di sela-sela persiapan Buka Bersama Guru dan Sfaff MA YAPIS Al-Oesmaniyyah.

Secara statistik jumlah peserta didik yang diterima jalur SPAN PTKIN sebesar 60,7 %. Angka yang cukup fantastis untuk ukuran Madrasah pinggiran dengan model swadana dan swakelola, yang hanya mempunyai fasilitas pendukung sederhana dan apa adanya, tidak sehebat madrasah-madrasah unggulan atau madrasah-madrasah milik pemerintah. Seharusnya hal ini cukup menjadi catatan khusus bagi Kementrian Agama, untuk terus membantu dan memberikan dukungan sarana dan prasarana menuju Madrasah Hebat Bermartabat.

Sukses buat anak-anak yang sudah diterima di jalur SPAN PTKIN. Bagi yang belum diterima ayo masih ada jalur penerimaan tes tulis, semisal SBMPTN, UM-PTKIN dan ujian mandiri yang diadakan oleh perguruan tinggi masing-masing. Sukses dan Selamat. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

DAFTAR SISWA MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH

LOLOS SPAN PTKIN TAHUN 2022

NO

NAMA

PTKIN

JURUSAN

1

Della Nurhaliza

IAIN Langsa

Pendidkan Agama Islam

2

Anisyah Anwar

IAIN Madura

PIAUD

3

Ika Dessylia Purnama

UIN Surakarta

PGMI

4

Muhammad Ja'far A

UIN Semarang

Ilmu Tafsir Al-Qur'an Dan Hadist

5

Muhammad Reza

IAIN Ambon

Ekonomi Syariah

6

Muhammad Rizky

IAIN Gorontalo

Ekonomi Islam

7

Muhammad Sani Rusyana

UIN Surakarta

Perbankan Syariah

8

Muhmmad Wahyu

UIN Surakarta

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

9

Natasya Maharani

IAIN Cirebon

Hukum Ekonomi Syariah

10

Rava Dharmawangsyah

UIN Surakarta

Managemen Bisnis Syariah

11

Saddam Al Fatah

UIN Mataram

Pendidikan IPS

12

Siti Nuraisyah

UIN Semarang

PGMI

13

Wahyu Yoga Pratama

IAIN Manado

Ekonomi Islam

14

Achmad Ghozali

IAIN Kendari

PGMI

15

Adi Saputra

IAIN Padangsidempuan

Ekonomi Syariah

16

Ahmad Syaffaruddin

IAIN Batu Sangkar

PGMI

17

Andi Hermanto

UIN Jambi

Ilmu Pemerintahan

18

Aulia Rahma

IAIN Madura

Hukum Ekonomi Syariah

19

Azhary Ramdhan

UIN Padang

Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam

20

Eka Putra Nuridwan H.

UIN Purwokerto

KPI

21

Linda Rosma Septiani

IAIN Sorong

Ekonomi Syariah

22

Muhammad Nurizal

UIN Purwokerto

Ekonomi Syariah

23

Muhammad Sultan R.

IAIN Batu Sangkar

Manejemen Pendidikan Islam

24

Muhammad Rais Pratama

UIN Purwokerto

KPI

25

Muthi'ah Aqilah

UIN Banten

PGMI

26

Nabila

UIN Banten

PGMI

27

Rafly Daffa Abdillah

UIN Purwokerto

Manejemen Pendidikan Islam

28

Tasya Latifa

UIN Banten

PGMI

29

Zahra Ajmaliyah

UIN Semarang

Ekonomi Syariah

30

Raida Triyani

IAIN Sorong

PGMI

31

Salsa Damyanti

IAIN Batu Sangkar

BKI


2 komentar:

  1. Mantaaaaaabbbbbsss

    BalasHapus
  2. Subhanallah,,smg menjadi pelanjut risalah dakwah Islam menuju gerbang kejayaan Islam,,, Allah Akbar.

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]