Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumaspendidikanPrestasi

50 SISWA LOLOS PTN DAN PTKIN: MAS YAPIS JAKARTA TERUS BERBENAH MENUJU MADRASAH UNGGUL

 

Jakarta, 26 April 2022

LIma puluh tiket masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah diperoleh oleh siswa Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta di kurun awal Seleksi Masuk PTN/PTKIN. Data ini yang telah dihimpun oleh Tim Pengembang Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah setelah melakukan verifikasi hasil pengumuman seleksi masuk perguruan tinggi negeri dari berbagai jalur masuk.


Ketua Tim Pengembang Madrasah dalam laporannya kepada Kepala Madrasah, telah menyampaikan hasil yang cukup menggembirakan dan sekaligus membanggakan. Dari laporan Ketua Tim Pengembang Madrasah, Bapak Basuki, S.Si dan Sekretaris Bapak Ali Helmi, S.T, didapat data bahwa sebaran dari 50 tiket masuk PTN/PTKIN sebagai berikut: 1 Siswa Masuk Poltek Negeri Madura Jalur Penelusuran Minat dan Bakat (PMDK), 9 siswa masuk berbagai PTN jalur SNMPTN, 3 siswa masuk berbagai Poltek Negeri jalur SNMPN, 5 siswa masuk Poltek Negeri Lampung Jalur Penelusuran Minat, Kemampuan Akadeik dan Bakat (PMKAB), 1 siswa jalur CBT UIN Yogyakarta, dan 31 siswa jalur SPAN-PTKIN.


Data ini diperkiraan akan masih bertambah dengan masih adanya siswa yang belum lolos seleksi masuk mengikuti berbagai jalur seleksi ujian tulis, diantaranya jalur SBMPTN, jalur UM-PTKIN dan jalur mandiri. Sebagai informasi tambahan, bahwa jumlah peserta didik Kelas XII  Madrasah pinggir Teluk Jakarta adalah berjulamh 62 siswa. Secara statistik 80.65% siswa kelas XII sudah mendapatkan tiket masuk untuk melanjutkan pendidikan tinggi.


Capaian 80,65% ini dapat menjadi petunjuk awal bahwa peningkatan partisipasi peserta didik kelas akhir semakin naik dalam hal melanjutkan pendidikan tinggi. Bapak Drs. Muslimin selaku Kepala Madrasah mengucapkan syukur alhamdulillah atas capaian ini "Mudah-mudahan capaian ini terus meningkat, sehingga diharapkan capaian angka partisipasi peserta didik kelas akhir untuk melanjutkan kuliah sampai 100%", harap Kepala Madrasah yang sudah memimpin madrasah pinggir stasiun ini lebih dari 13 tahun.


Pergeseran kuantitas angka partisipasi melanjutkan kuliah ini juga diiringi dengan peningkatan kualitas out put lulusan Madrasah yang mengusung tag line Terminalnya Anak Sholeh Stasiunnya Orang Pintar, Mitra Orang Tua Membina Putra. Menurut Ketua Tim Pengembang Madrasah, pada tahun 2022 ini sebaran PTN mulai menggembirakan. Beberapa PTNBH, atau Perguruan Tinggi Negeri kasta pertama sudah mulai memberikan kepercayaan kepada MA YAPIS Al-Oesmaniyyah.


PTNBH tersebut adalah Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Universitas Brawijaya (UB) Malang dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. disusul juga PTN klaster kedua diantaranya Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) Purwokerto, UIN Kalijaga Yogyakarta dan UIN Walisongo Semarang, dan diikuti oleh Poltek Negeri Lampung, Poltek Negeri Madura, UIN Surakarta, UIN Purwokerto, UIN Padang, UIN Riau dan PTKIN lainnya.


Fakta dan data inilah yang menjadi keyakinan Tim Pengembang Madrasah, bahwa Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah sedang bertranformasi menuju Madrasah Unggul. Madrasah unggul merupakan lembaga pendidikan yang lahir dari sebuah keinginan untuk memiliki madrasah yang mampu berprestasi di tingkat nasional dan dunia dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta ditunjang oleh akhlakul karimah.


Kini Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah sudah berani mensejajarkan diri dengan Madrasah Unggulan atau Madrasah Negeri lainnya. Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah sudah dapat menjadi alternatif pendidikan bermutu dengan biaya yang terjangkau. Kini Madrasah Aliyah YAPIS AL-Oesmaniyyah tidak lagi dipandang sebelah mata, namun hendaknya dilihat dengan kedua mata, agar banyak hal-hal yang selama ini tidak nampak menjadi nampak dan menjadikan orang yang melihatnya sadar betul bahwa madrasah ini sudah bertranformasi dari madrasah yang tidak ada apa apanya menjadi Madrasah Yang Ada Apanya. (Humas MA YAPIS)

DAFTAR SISWA MASUK PRN/PTKIN

1 komentar:

Bottom Ad [Post Page]