Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasLayanan

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH MEMBERIKAN LAPORAN HASIL BELAJAR TENGAH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022-2023




Jakarta, 07 November 2022

Menurut Permendikbud No.23 Tahun 2016, Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Kegiatan Penilaian memerlukan instrumen penilaian dan teknik penilaian. Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil belajar tetapi juga pada proses belajar.


Penilaian berfungsi mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Selain itu, penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar. Penilaian dilakukan melalui 3 pendekatan, yaitu penilaian akhir pembelajaran (assessment of learning), penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning). Penilaian akhir pembelajaran adalah penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Penilaian untuk pembelajaran merupakan penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung dan digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar.


Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah merupakan suatu lembaga pendidikan formal setingkat SMA yang berada di bawah naungan Kemantrian Agama. Sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor Keputusan Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018  tentang Petunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar pada Madrasah Aliyah, pelaksanaan penilaian terhadap peserta didik di Madrasah pinggiran Tanjung Priok ini mengacu pada bentuk dan teknis terkait penilaian.


Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester dimaksud sebagai salah satu intrumen penilaian autentik sebagai bentuk penilaian yang berkelanjutan. Selain Penilaian Tengah Semester tentunya juga telah dilakukan penilaian harian sebagai acuan ketercapaian kompetensi minimal. Selain berkelanjutan penilaian autentik juga sebagai alat  umpan balik bagi pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran, atau mendesain ulang pendekatan, model atau bentuk penilaian yang akan dilakukan untuk proses pembelajaran berkelanjutan.


Oleh karenanya Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah secara berkala memberikan laporan ketercapaian daya serap peserta didik kepada orang tua. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab sebagai lembaga yang melakukan pengelolaan sumber daya manusia, dan sebagai bentuk dukungan yang diberikan kepada orang tua untuk memberikan bimbingan secara menyeluruh, yang harus dilakukan di lingkungan rumah.(Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]