Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKurikulum

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH BERSIAP SAMBUT KURIKULUM MERDEKA

 

Jakarta, 18 Juni 2023
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) meluncurkan Kurikulum Merdeka
. Sebelum diluncurkan secara luas, sejak tahun ajaran 2021/2022 Kurikulum Merdeka (Kumer) telah diterapkan di hampir 2.500 sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak (PSP) sebagai bagian dari pembelajaran dengan paradigma baru.

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di madrasah, 100% mengikuti kebijakan Kemendikbudristek. Kemenag hanya melakukan adaptasi sesuai kebutuhan pembelajaran pada madrasah dalam rangka penguatan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab yang menjadi ciri khasnya. Pada 2022, telah ditetapkan 2.471 lembaga madrasah yang menerapkan kurikulum merdeka. Tahun ini, ada 26.169 lembaga madrasah dari jenjang RA, MI, MTs dan MA/MAK yang menerapkan kurikulum merdeka. Data tersebut menunjukkan antusiasme warga madrasah menerapkan kurikulum merdeka dan pertanda madrasah berani berubah. 

Kurikulum madrasah mengemban dua amanat besar. Pertama, membekali peserta didik kompetensi, sikap dan keterampilan hidup agar bisa menghadapi tantangan di zamannya. Kedua, mewariskan karakter dan nilai-nilai luhur kepada generasi penerus bangsa agar peran generasi kelak tidak terlepas dari akar budaya, nilai agama, dan nilai luhur bangsa.

Untuk menjalankan dua amanat besar tersebut, maka kurikulum harus selalu dinamis, berkembang untuk menjawab tuntutan zaman.Implementasi kurikulum pada madrasah harus diorientasikan pada efektifitas pengelolaan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah.

Madrasah harus berani melakukan inovasi, kreasi, serta terobosan dalam mengelola pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif agar guru dan peserta didik semangat dalam pembelajaran. Dengan demikian, guru dan peserta didik mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk berkreasi dan berinovasi dan mengembangkan potensinya secara optimal.

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta Utara bersiap menyambut implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2023-2024. Berbagai persiapan telah dilakukan madrasah pinggiran ini dalam rangka memberikan pelyanan yang terbaik bagi perserta didiknya.

Salah satu persiapan yang telah dan terus dilakukan madrasah yang mengusung tag line Stasiunnya Anak Sholeh Terminalnya Orang Pintar Mitra Orang Tua Mimbina Putra ini, adalah mengirim tenaga pendidik dan kependidikan untuk mengikuti pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam hal ini Penyusunan Kurikulum Operasional Madrasah dan Sosialisasi  Assesmen Kurikulum Merdeka, yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Madrasah Aliyah (FKMA) Jakarta Utara. 

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 13-14 Juni 2023 ini diharapkan semakin mematangkan persiapan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah untuk melaksanakan Kurikulum Merdeka, sesuai dengan harapan Kementrian Agama Republik Indonesia sesuai dengan KMA No. 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]