Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumaskegiatanKesiswaan

TRADISI MALAM INAGURASI : MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH LAKSANAKAN MALAM INAGURASI SEBAGAI PENUTUP MATSAMA 2023

 

Jakarta, 05 Agustus 2023
Malam INAGURASI adalah malam yang dapat diartikan sebagai malam perkenalan pada lingkungan baru. Malam Inagurasi biasa dilakukan di kalangan organisasi , awal masuk sekolah/madrasah, maupun awal masuk perguruan tinggi. Malam inagurasi dapat dikatakan seperti Masa Orientasi Siswa  (MOS), Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK), maupun pengenalan lingkungan di suatu lingkungan yang baru.


Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta, membunyai budaya malam inagurasi sebagai rangkaian masa pengenalan madrasah, dalam istilah Kementrian Agama dikenal dengan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah atau MATSAMA. 

Matsama Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah dilaksanakan mulai dari tanggal 17 Juli 2023 sebagai pertanda awal masuk madrasah tahun pelajaran 2023-2024. Rangkaian acara Matsama disusun sebagai rangkaian sistematis dalam rangka pengenalan lingkungan, sistem pembelajaran dan bahwa pengenalan personal madrasah yang meliputi peserta didik, guru dan karyawan serta komponen warga madrasah lainnya. Rangkaian secara formal Matsama Madrasah Pinggiran ini diakhiri tanggal 21 Juli 2023.


Tradisi Madrasah yang mengusung tag line Stasiunnya Anak Sholeh Terminalnya Orang Pintar, Mitra Orang Tua Membina Putra adalah menutup rangkaian acara Matsama dengan acara keakraban yang dilakukan di luar lingkungan madrasah. Tahun pelajaran 2023-2024, Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah melaksanakan malam keakraban atau sering disebut malam inagurasi di daerah Bogor, tepatnya di Villan 87, Cisarua, daerah menjelang pintu gerbang Taman Safari.

Malam Inagurasi memiliki tujuan yang sangat positif antara lain, 
- Menyambut anggota baru dalam komunitas tersebut
- Perkenalan lingkungan baru
- Perkenalan anggota lama dan anggota baru
- Membuat keakraban anggota baru semakin kompak
- dan Lain sebagainya
Dalam malam inagurasi ada juga kegiatan seperti pelantikan, upacara pembukaan, outbond/ games kekompakan, pentas seni , dan upacara penutupan.

Dalam sambutan pada apel penutupan, Bapak Basuki, S.Si mewakili Kepala Madrasah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga madrasah yang hadir dalam malam inagurasi, terlebih kepada panitia pelaksana yang sudah begitu luar biasa dalam mempersiapkan acara ini. "Saya sampaikan ucapan terima kasih yang mendalam kepada seluruh peserta, guru dan karyawan yang berkenan hadir dalam acara ini, terkhusus untuk Panitia Pelaksana yang telah mempersiapkan acara ini, tegas Wakil Kurikulum yang telah menjabat lebih dari 20 tahun ini.


Rangkaian acara malam inagurasi Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah dimulai dari pelaksanaan Sholat Subuh Berjama'ah. Acara dilanjut dengan tadarus Al-Qur'an, tausiyah dan dilanjut sarapan pagi yang telah dibawa oleh peserta didik. Selapas sarapan pagi peserta didik dikumpulkan untuk mendapatkan pengarahan dari panitia dan oleh guru pendamping.


Sekitaran pukul 08.00 WIB peserta malam inagurasi yang diikuti oleh seluruh siswa Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah berangkat menuju Villa 87 di daerah Cisarua. Perjalanan lancar, tidak ada hambatan sehingga sekitran pikul 09.30 WIB peserta sudah tiba di lokasi.


Sesampai tempat lokasi, seluruh peserta dikumpulkan dilapangan untuk dilakukan absensi ulang, pengarahan, dan apel pembukaan. Setelah seremonial apel pembukan selesai panitia langsung melakukan pembagian kamar. Peserta putri langsung dibagi ke dalam kamar-kamar villa, sedangkan peserta putra dibagi ke dalam barak-barak tenda yang sudah disediakan oleh panitia.


Seluruh rangkaian acara dilalui dengan suka cita oleh seluruh peserta. Keakraban. kekeluargaan pertemanan. gotong royong dan saling menjadi terlihat dari perilaku peserta acara. Walaupun dalam kesederhanaan, kegiatan dilakukan dengan tertib, bersahaja dan tanggung jawab. Mudah-mudahan tahun depan madrasah ini masih dapat melakukan acara seperti ini, harap dari peserta malam inagurasi. Sukses untuk panitia dan sukses untuk peserta. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]