Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaan

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH BERPARTISIPASI DALAM LDKS GABUNGAN FKMA TAHUN 2023

 
Jakarta, 07 September 2023

LDKS adalah singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Pelatihan ini diberikan kepada siswa sekolah, baik itu tingkat SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/MA/SMK dengan materi yang telah disesuaikan usia peserta.  Kegiatan LDKS bisa diadakan dengan peserta seluruh siswa di satu sekolah atau hanya siswa tertentu, misal dalam lingkup OSIS atau organisasi lain. LDKS mungkin juga diikuti siswa pilihan dari beberapa sekolah.


Forum Komunikasi Madrasah Aliyah (FKMA) Jakarta Utara menginisiasi untuk melakukan LDKS gabungan  siswa terpilih dari seluruh Madrasah Aliyah se Jakarta Utara. Kegiatan ini selain untuk membangun mental pemimpin, juga dijadikan ajang silahturahmi bagi pengurus OSIS antar Madrasah.

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang tergabung dalam FKMA Jakarta Utara mengirim perwakilan untuk mengikuti seluruh proses rangkaian LKDS gabungan ini. Madrasah Pinggiran ini diwakili oleh  Ananda Abyan Qinthara, Ananda Afghan Ibnu Firdausa, dan Ananda Rasya Bintang Wijaya. Rombongan Madrasah yang mengusung tag line Stasiunnya Anak Sholeh, Terminalnya Orang Pinter, Mitra Orang Tua Membina Putra ini, langsung dikomandani Kepala Madrasah, Bapak Drs. Muslimin, dan satu guru pendamping, yaitu Bapak Yusuf, S.Ag, M.Ag.


Kegiatan LKDS gabungan ini dilaksanakan selama dua hari,  mulai hari Selasa tanggal 5 September dan berakhir hari Rabu tanggal 6 September 2023. Tempat pelaksanaan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Tepatnya di  Ujung Rimba Camp (URC), Kp Jaipah, RT:06 RW:04.Dusun Dua, Desa, Batu Layang, Kec. Cisarua, Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

Selain memiliki jiwa kepemimpinan, LDKS memiliki banyak manfaat bagi siswa. Dilansir dari laman Kemdikbud, LDKS diharapkan dapat melatih hal-hal berikut ini:
1. Jiwa Kepemimpinan
Sesuai namanya, LDKS utamanya adalah melatih jiwa kepemimpinan siswa. Pembekalan ini diberikan melalui teori dan aktivitas nyata. Dengan kemampuan memimpin ini, siswa dapat mengatur diri sendiri dan orang lain.
2. Ilmu Manajemen
Dalam LDKS biasanya diberikan pengetahuan tentang keorganisasian, terutama jika acara tersebut diselenggarakan internal organisasi tertentu seperti OSIS. Melalui LDKS, peserta akan memahami bagaimana manajemen organisasi yang baik.
3. Disiplin
Melalui LDKS, siswa diharapkan menjadi pribadi yang disiplin, yaitu berkomitmen untuk mematuhi aturan dan ketetapan yang ada.
4. Tanggung Jawab
Untuk menjadi pemimpin, siswa harus belajar bertanggung jawab dengan tugas dan kewajibannya, hingga dapat menyelesaikannya dengan baik.
5. Religius
Salah satu kriteria pemimpin yang baik adalah orang yang religius, yaitu orang yang patuh menjalankan perintah dan menjauhi larangan, termasuk berjiwa toleransi terhadap sesama manusia.
6. Menghargai Prestasi
Sebagai pemimpin, siswa harus bisa menghargai prestasi diri sendiri dan orang lain. Sebuah prestasi harus diapresiasi dan didorong untuk terus berbuat lebih baik.
7. Peduli Lingkungan
LDKS tidak hanya melatih hubungan manusia dengan manusia lain, tetapi juga dengan lingkungan alam. Pemimpin yang baik harus sadar akan pentingnya lingkungan sekitar dan berusaha memperbaiki jika ada kerusakan.
8. Kerja Sama
Sikap kerja sama pasti menjadi salah satu materi yang diajarkan dalam LDKS, terutama dalam materi organisasi. Sebab sebuah organisasi dapat berjalan baik dengan kerja sama yang baik pula.
9. Demokratis
Indonesia sebagai negara demokrasi harus memiliki calon-calon pemimpin yang demokratis pula. Artinya, pemimpin harus mendengar suara orang-orang yang dipimpin untuk mencapai tujuan yang lebih baik.
10. Berpikir Kritis
Dalam Indonesian Journal of Community Services and School Education Volume 1, No. 3, Desember 2021, Isnaini Mahuda dan Miftahul Huda menjelaskan LDKS dapat mendorong sikap berpikir kritis kepada pesertanya.

Sikap ini dibutuhkan di era disrupsi yang memberikan tantangan besar bagi siswa. Hanya orang yang mampu berpikir kritis yang dapat menjadi pemimpin yang baik. Pemikiran kritis dapat menghasilkan keputusan yang tepat. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]