Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaanpendidikan

KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN KEMENTRIAN DESA PDTT : TIM PENGEMBANG MAS YAPIS AL-OESMANIYYAH STUDI BANDING PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL

Jakarta, 08 Juni 2022

Pengembangan mutu pendidikan madrasah merupakan salah satu intrumen dari pengembangan pendidikan Indonesia secara global. Sebagai catatan bahwa madrasah mengambil bagian yang cukup signifikan dalam pengembangan pendidikan Indonesia semenjak pra kemerdekaan. Oleh karenanya Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah terus berusaha memperbaiki mutu pendidikan madrasah dengan mengembangkan program literasi.




Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. 


Tujuan umum gerakan literasi sekolah yaitu untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah/Madrasah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu adapula tujuan khusus gerakan literasi sekolah/madrasah diantaranya yaitu:


  1. Menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah.
  2. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat.
  3. Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
  4. Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca. 


Tim Pengembang, yang terdiri dari Ketua Pegembang Bapak Basuki, S.Si, Sekretaris Tim Pengembang Bapak Ali Helmi, S.T, Bendahara Ibu Sondang, dan perwakilan Komite Madrasah, H. Hendra  dan Ust. Wahidin, S.Pd.I pada kesempatan tanggal 7 Juni 2022 berkunjung ke Perpustakaan Kementrian Desa PDTT di daerah Kalibata Jakarta Selatan.


Disambut dengan semangat dan antusias oleh Pustakawan Kemendes PDTT yang alumni Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia dan Universitas Diponegoro. Dalam kunjungan ini Ketua Tim Pengembang Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuan atas kunjungan ini. 

Bapak Basuki, S.Si dalam kesempatan kunjungan tersebut mewakili rombongan menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan dari pihak perpustakaan Kemendes PDTT. Kesempatan yang diberikan oleh pihak perpustakaan Kemendes tidak disia-siakan oleh rombangan MA YAPIS Al-Oesmaniyyah untuk melakukan observasi dan mendapatkan informasi terkait usaha-usaha perbaikan pelayanan perpustakaan menuju perpustakaan digital.


Kunjangan ini dharap dapat menjadi energi baru untuk pengembangan perpustakaan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, khususnya program literasi. Mudah-mudahan program ini dapat memberikan andil yang positif dalam usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan khususnya di Madrasah Pinggiran Teluk Jakarta.menuju Madrasah Unggul.(Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]