Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaan

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH MELAKUKAN PEMDAMPINGAN SISWA MENGIKUTI UMPTKIN 2022

Jakarta, 09 Juni 2022

UM-PTKIN merupakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri yang diselenggarakan secara serentak nasional dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia. UMPTKIN ini merupakan salah satu jalur masuk PTKIN yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) yang ada di Indonesia. Berbeda dengan SPAN-PTKIN yang menggunakan nilai raport dan prestasi akademik, jalur UM PTKIN ini merupakan ujian tulis atau tes tulis dengan mengerjakan soal UM-PTKIN.

Pola seleksi UM-PTKIN merupakan lanjutan dari seleksi nasional sebelumnya yang menggunakan prestasi akademik berdasar nilai raport dan prestasi non akademik lainnya.  Berbeda dengan pola Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Agama ISlam Negeri (SPAN PTKIN) yang seluruh biaya ditanggung oleh Kementrian Agama, pola seleksi UM-PTKIN biaya ditanggung oleh peserta ujian.

Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 ( Dua Ratus Ribu Rupiah ) Belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui bank mitra yang telah ditunjuk oleh Panitia Penyelenggaraan UM-PTKIN 2022, diantaranya Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BSI, Bank BNI atau bank lain dengan ketentuan dan syarat sesaui dengan yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggaraan.


Tahun 2022, jumlah siswa Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang belum lolos seleksi jalur prestasi  PMDK POLTEK, SNMPTN, SNMPN,  PMKAB POLTEK LAMPUNG dan SPAN PTKIN sebanyak 12 siswa. Keduabelas siswa yang belum mendapatkan tempat di PTN/POLTEK/PTKIN harus masih berjuang melalui jalur tes masuk diantaranya SBMBTN dan SPAN PTKIN.

Oleh karenanya Madrasah aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah memberikan pendampingan bagi para siswa yang berkeinginan untuk melakukan seleksi tulis, baik SBMPTN maupun UM-PTKIN. Ada satu dua siswa yang telah ikut seleksi tulis SBMPTN yang sudah dilaksanakan pada awal Mei 2022. Sedangkan yang ikut seleksi UM - PTKIN sebanyak tiga siswa.

Pendampingan ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan kepada seluruh siswa Madrasah Pinggiran ini. Pelayanan yang bemuara pada usaha-usaha peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Madrasah yang berbenuh menuju Madrasah Unggul. (Humas MAS YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]