Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaanosis

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH BELAJAR BERNEGARA: PEMILIHAN KETUA OSIS MENUJU PEMIMPIN IDEAL

 Jakarta, 17 September 2022

Dalam upaya mengenal, memahami, dan mengelola Organisasi Siwa Intra Sekolah (OSIS) perlu kejelasan mengenai Pengertian, Fungsi, dan Tujuan serta Struktur OSIS.


Dengan mengetahui pengertian, fungsi dan tujuan serta struktur OSIS yang jelas, maka akan membantu para Pembina, pengurus, dan perwakilan kelas untuk mendayagunakan OSIS ini sesuai dengan fungsi dan tujuannya.



Di dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 disebutkan bahwa organisasi kesiswaan di sekolah adalah OSIS. 


OSIS adalah satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di sekolah. Oleh karena itu setiap sekolah wajib membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain dan tidak menjadi bagian/alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah.


Osis merupakan wahana untuk membentuk pemimpin masa depan. Bahkan dimungkinkan dari para pemimpin OSIS ini nantinya dapat memimpin bangsa ini. OLeh karena itu proses pemilihan ketua OSIS menjadi urgen untuk dibahas dan dipersiapkan sebaik mungkin.



“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).


Mengutip sebuah mutiara hadits dalam agama yang penulis yakini. Sudah menjadi ketetapan-Nya bahwa kita adalah seorang pemimpin. Hal ini tidak mempedulikan apa jabatannya sekarang, berapa jumlah bawahannya, strata pendidikannya, darimana sukunya berasal, dan berapa penghasilannya per bulannya. Kita murni terlahir sebagai pemimpin di dunia ini, entah itu di lingkup organisasi maupun lingkup kecil keluarga tersayang atau dalam lingkup yang lebih kecil lagi, diri kita pribadi. Kita selalu dituntut tampil dengan baik sebagai seorang pemimpin. Pemimpin yang bisa mengayomi, pemimpin yang bisa melindungi dan menjadi teladan bagi pengikut atau orang yang dipimpinnya.



Sebenarnya, pemimpin dan kepemimpinan  merupakan suatu kesatuan kata yang tidak dapat dipisahkan secara struktural maupun fungsional. Seperti organisasi, juga terdapat banyak pengertian-pengertian mengenai pemimpin dan kepemimpinan.


Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang merupakan bagian dari sistem pendidikan Indonesia tidak dapat dipisahkan dalam proses penentuan ketua OSIS dan jajarannya untuk menggerakkan kegiatan dan kerja-kerja dari program OSIS selama satu tahun masa kepemimpinannya.


Proses penjaringan calon ketua OSIS Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah sudah dimulai dari dini. Awal Agustus proses penjaringan itu sudah dimulai dengan memberikan kesempatan  kepada seluruh siswa untu mendaftarkan melalui mekanisme perwakilan kelas.



Seluruh peserta calon ketua OSIS yang telah diajukan dari masing-masing kelas yang memenuhi syarat kemudian diadakan debat terbuka terkait visi, misi dan program kerja setiap kandidat di depan para panelis yang terdiri dari guru, dan siswa.


Proses debat dan penyampaian visi dan misi inilah yang membuat para kandidiat ketua OSIS harus dapat memberikan jawaban sebagai bentuk pengelolaan menejerial dan kepemimpinan. Debat dilakukan secara terbuka di hadapan panelis dan seluruh siswa dan dipandu oleh moderator yang telah ditunjuk oleh Panitia Pemilihan OSIS masa bakti 2022-2023.


Setelah melalui serangkaian pemilihan pra Pemilos, panitia pemilihan OSIS menetapkan empat kandidat terkuat untuk maju dalam pemilihan Ketua OSIS yang disepakati dalam tata tertib pemilhan ketua OSIS dengan sistem paket. Empat nama bakal calon ketua OSIS yang ditetapkan adalah Ananda Akbar Maulana (XI IPA1) yang berpasangan dengan Ananda Sadam (XI IPS1), dan Anada Rizki (XI IPS1) yang berpasangan dengan Ananda Fachry (XI IPA1).


Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 16 September 2022. Dilaksanakan di lapangan madrasah, melibatkan seluruh warga madrasah, mulai pukul 08.00 sampai 11.00 WIB.


Panitia Pemilos mempersiapkan seluruh akomodasi dan alat serta bahan yang dibutuhkan dalam Pemilos ini. Meja pendaftaran, bilik suara, meja saksi, meja kandidat, kursi ruang tunggu, tinta dan akomodasi yang dibutuhkan.


Setalah dilakukan rekapitulasi perhitungan suara, didapatkan hasil bahwa pasangan nomor urut 1, Ananda Akbar Maulana dan Sadam ditetapkan menjadi pemenang Pemilos dengan suara sah 172, sedangkan  nomor urut 2 Ananda Rizki dan Fachry mendapat suara sah 42. Tidak ada suara tidak sah, namun ada 25 suara yang tidak digunakan oleh pemilih hak suara.


Hasil inilah yang dilaporkan oleh Ketua Panitia Pemilihan Osis masa bakti 2022-2023 kepada Bapak Ali Helmi, S.T, selaku Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan. "Saya Ucapkan selamat atas terpilihkan pasangan Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang baru. Selamat Ananda Akbar Maulana dan Sadam, mudah-mudahan Ananda berdua dapat menjaga amanah ini dan melaksanakan tugas sesuai visi, misi dan program kerja yang Ananda presentasikan selama masa kampanye. Jadilah pejabat yang amanah dan tidak ingkar janji", pesan Bapak Ali Helmi dengan serius. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]