Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKurikulum

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH SUKSES LAKSANAKAN ASSESMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER TAHUN 2023

 

Jakarta, 29 Agustus 2023

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah sukses melaksanakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun 2023. Rangkaian pelaksanaan ANBK, dari persiapan, pelaksanaan dan pelaporan telah dijalankan dengan baik sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang telah dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).


Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah mendapatkan jadwal pelaksanaan ANBK pada tanggal 28-29 Agustus 2023. Pelaksanaan dilaksanakan di Ruang Guru yang disulap menjadi Laboratorium Komputer. Hal ini dilakukan oleh Panitia Pelaksanaan ANBK Madrasah Pinggiran ini dengan alasan, bahwa kondisi dan situasi Madrasah yang masih dalam proses pembangunan dan penyempurnaan Gedung Baru.

Pelaksanaan ANBK dibagi menjadi 3 sesi,  yang dimulai dari pukul 07.30 WIB untuk sesi pertama sampai pukul 16.30 WIB untuk akhir sesi ketiga. Peserta ANBK adalah siswa kelas XI yang diambil sample secara acak oleh sistem ANBK yang berdasar dari pangkalan data siswa. Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah merupakan institusi pendidikan di bawah Kementrian Agama, oleh karenanya pangkalan data bersumber dari data EMIS Madrasah.


Diketahui bahwa ANBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2021 berdasarkan kebijakan yang diterapkan oleh Mendikbud, yakni Nadiem Makarim. Mulai saat itu, ANBK resmi menggantikan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan sebagai syarat kelulusan siswa sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).


ANBK ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi dan memetakan mutu pendidikan di satuan pendidikan dan menggantikan Ujian Nasional dengan penyempurnaan penguluran aspek kognitif dan non kognitif. ANBK ini terdiri dari instrumen Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi, Numerasi, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Untuk instrumen AKM Literasi dan Numerasi dirancang melalui soal terkait literasi dan numerasi. Adapun materi dari ANBK AKM Literasi dan Numerasi adalah sebagai berikut.

  • Aspek literasi mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari.
  • Aspek numerasi mencapu kemampuan berikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan nalar matematika.

Demikan sekilas informasi terkait pelaksanaan ANBK di Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, semoga tahun demi tahun pelaksanaan ANBK di madrasah pinggiran ini semakin baik kualitasnya. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]