Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumaskegiatanLayanan

RAPAT AWAL TAHUN MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH: PEMAPARAN BERBAGAI PROGRAM UNGGULAN TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Jakarta, 10 Agustus 2023

Segenap Pimpinan Madrasah, Wali Kelas dan Pengelola Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta Utara, dan seluruh orang tua atau wali murid mengadakan rapat awal tahun pelajaran 2023-2024. Rapat awal tahun Madrasah Pinggiran ini dilaksanakan secara bergelombang berdasar tingkat, dan dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 6 Agustus 2023.


Rapat awal tahun bertujuan untuk menyampaikan program madrasah untuk tahun pelajaran berjalan kepada seluruh orang tua atau wali murid. Sehingga program-program madrasah yang baru dan telah direncanakan pada tingkat pimpinan dan pengelola madrasah dapat disampaikan kepada orang tua dengan baik. Berbagai program unggulan dipaparkan oleh Tim Pengembang Madrasah yang sudah diberikan mandat oleh Kepala Madrasah.


Beberapa hal penting yang dibahas dalam rapat awal tahun pelajaran antara lain program Kepesantrenan. Program Kepesantrenan ini diwajibkan untuk kelas X sebagai upaya madrasah memenuhi standar kompetensi keagamaan, yang meliputi baca tulis Al-Qur'an, Aqidah dan Syariah,  Amaliyah Peribadatan, Kasanah Keislaman, Wawasan dan Perkembangan Dunia Islam. 

Program Kepesantrenan merupakan program kolaborasi antara madrasah dengan Divisi Kepesantrenan yang langsung dikelola oleh Yayasan Pesantren Islam YAPIS Al-Oesmaniyyah Perguruan Tinggi Dakwah Islam (YAPIS Al-Oesmaniyyah PTDI). Pelaksanaan program ini diklasifikasikan menjadi tiga, yang pertama Program Pemula, dengan rentang waktu pelaksanaan setiap hari Sabtu dari pukul 07.00-15.30 dengan sistem kalsikal dangan pelayanan individual. Klaster kedua adalah program pembinaan dengan pelaksanaan santri menginap mulai dari hari Jum'at Sore, pulang hari Ahad siang, program ini diistilahkan program mabitan. Klaster ketiga adalah program lanjutan dengan pelaksanaan, santri menginap di pesantren setiap hari, layaknya pondok pesantren lain.

Program Unggulan lainnya adalah Program Unggulan Juara dan Unggulan Masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri). Program Unggulan Juara merupakan Pemetaan Awal yang dilaksanakan oleh Madrasah untuk mempersiapkan peserta didik melanjutkan tradisi Juara yang telah dilakukan oleh Kakak Kelasnya. Sedangkan Program Unggulan Masuk PTN dan PTKIN, dirancang dengan tujuan akhir menghantarkan peserta didik mendapatkan tempat melanjutkan pendidikan di PTN/PTKIN sesuai dengan minat dan bakat.


Program Unggulan Juara dan Unggulan Masuk PTN/PTKIN Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah bekerjasama dengan Bimbel Sigma Tanjung Priok. Kerjasama sama ini bertujuan untuk meneingkatkan pelayanan mutu dan kualitas pendidikan di Madrasah. Program Kerjasama ini sudah terbukti dengan suksesnya peserta didik Madrasah Pinggiran ini mendapatkan tempat terhotmat di berbagai perguruan tinggi ternama, seperti UNDIP, UNBRAW, UNPAD, UPI, UNJ, UPN Jakarta, UIN Jakarta, PNJ, Poltek Media Kreatif, UIN Pekalongan, IAIN Cirebon, UIN Semarang, UIN Surakarta, UNSOED, UIN Banten, Poltek Madura, UIN Lampung, Poltek Negeri Lampung dan berbagai perguruan tinggi lainnya.

Disampaikan juga tentang kalender pendidikan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Tahun Pelajaran 2023-2024, tata tertib madrasah, kegiatan pembiasaan, kegiatan ekstrakulikuler, program enterpreneur skill, dan kegiatan akhir tahun khusus kelas XII.


Rapat awal tahun yang dilaksanakan pada awal tahun pelajaran ini  ini diharapkan orang tua siswa memahami dan mengawal terkait program dan rencana madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah selama Tahun Pelajaran 2023-2024. Mudah-mudahan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dan disepakati dapat menjadi rujukan dalam pelaksanaan pelayanan dan peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Pinggir Stasiun Tanjung Priok ini. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]