Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasLayanan

KUNJUNGAN KEPALA BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH KANWIL KEMENTRIAN AGAMA DKI JAKARTA: LUAR BIASA PERKEMBANGAN MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH

 

Jakarta, 15 September 2023

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama  DKI Jakarta, Bapak H. Slamet Abadi, M.Si, melakukan kunjungan kerja di Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Madrasah di pinggiran Stasiun dan Terminal Tanjung Priok ini menjadi salah satu madrasah yang menjadi prioritas dikunjungi, karena mempunyai beberapa keistimewaan, tepatnya keunikan tersendiri. Madrasah yang banyak menampung siswa dari pinggir bantaran rel kereta api Tanjung Priok ini memberikan daya tarik tersendiri, mengingat beliau tau persis kondisi dan keadaan madrasah pinggiran ini.


Maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah recana pengembangan mutu dan pelayanan Madrasah di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, maka diperlukan kegiatan visitasi lapangan lokasi madrasah yang telah mendapatkan bantuan dari pemerintah, melaui Kementrian Agama Republik Indonesia. Sebagaimana diketahui bersama, pada tahun anggaran 2022, Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, menjadi madrasah aliyah satu-satunya di Jakarta Utara yang mendapatkan Bantuan Kinerja Bantuan Afirmasi (BKBA) yang bersumber dari keuangan negara dengan skema proyek Madrasah Reform kerjasama dengan Bank Dunia.

Kunjungan dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 09.30. Dalam kesempatan kunjugan ini, Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah mendapat keberkahan yang luar biasa.  Kali pertama Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI Jakarta melakukan kunjungan kerja di Madrasah Pinggiran yang mengusung tag line Stasiunnya Anak Sholeh Terminalnya Orang Pinter, Mitra Orang Tua Membina Putra. Banyak hal yang tidak sempat dipublikasi oleh madrasah pingir Teluk Jakarta ini, dapat langsung dimonitoring oleh Pejabat Kanwil, yang sudah malang melintang di dunia pendidikan, khusunya di Wilayah Kerja Jakarta Utara.


Kunjungan dipusatkan di Kantor Kepala Madrasah Aliyah, namun demikian seluruh guru dan karyawan baik dari Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah dapat kumpul dalam ruangan yang sederhana, namun kidmat dalam menyimak arahan dan masukan yang disampaikan Bapak H. Slamet Abadi, M.Si. Setelah ucapan selamat datang yang disampaikan secara bergantian dari Kepala Madrasah Aliyah, Bapak Drs. Muslimin dan Kepala Madrasah Tsanawiyah, Bapak Drs. Asep Lukman Hamzah, M.Ag, Kepala Bidang menyampaikan arahan terkait tata kelola madrasah khususnya tata kelola pembelajaran yang terkait pengelolaan Kurikulum Merdeka, Tata Usaha dan masalah Sumber Daya Madrasah, dan berbagai regulasi terkait pelayanan dan peningkatan mutu pendidikan madrasah.

Banyak hal disampaikan oleh Bapak Kepala Bidang mengenai berbagai pengelolaan  pelayanan madrasah menuju madrasah unggul. Ketersediaan Sumber Daya manusia menjadi syarat mutlak untuk memberikan pelayanan prima. Literasi Juknis suatu kegiatan akan dapat membantu pengelolaan Madrasah yang telah menuju tranformasi  digital, sesuai arahan dari Gumen Yaqult Cholil Qoumas, terang Pria Asli Boyolali yang telah berpengalaman mengelola lembaga pendidikan di daerah Kebantenan, Cilincing Jakarta Utara.


Di akhir sesi pembinaan, digunakan oleh guru untuk bertanya terkait peningkatan sumber daya manusia, baik dalam kenaikan pangkat, alih profesi  dari guru menjadi dosen,  penyuluh atau penghulu. Kepala Bidang dengan gamblang memberikan pencerahan terkait dengan apa yang ditanyakan oleh guru. Pertemuan yang bermakna ini mudah-mudahan memberikan keberkahan dan kemajuan yang berarti bagi Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah khususnya, dan madrasah pada umumnya. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]