Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasPrestasi

SELEKSI FINAL PESERTA OPTIKA MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH TAHUN 2023

 

Jakarta, 03 Oktober 2023

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah melakukan seleksi final untuk peserta OPTIKA (Olimpiade Matematika) Tahun 2023, yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Uiniversitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta. Setelah melakukan penjaringan dari seluruh tingkatan, baik kelas X, XI, dan XII, Tim Pengembang Madrasah akhirnya melakukan seleksi final untuk 12 siswa calon peserta yang akan dikerucutkan menjadi 6 peserta untuk dua regu.


Olimpiade matematika (OPTIKA) 23 merupakan ajang kompetisi dalam bidang matematika untuk madrasah dan sekolah Islam tingkat MI/SDI, MTs/SMPI dan MA/SMAI se-Indonesia. Kegiatan olimpiade ini merupakan kegiatan tahun ke-35 dimana pertama kali diadakan pada tahun 1988 dengan nama LCCM. Semenjak LCCM pertama kali dilaksanakan pada tahun 1988 hingga pada pelaksanaan LCCM 1 tahun 2000 dan LCCM 2 tahun 2001, dimana peserta yang diikutsertakan hanya siswa dari Madrasah Aliyah (MA) di wilayah Jakarta Selatan. 

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, seperti yang disampaikan oleh Ketua Tim Pengembang, Bapak Basuki, S.Si, dalam kurun lima tahun terakhir terus memberikan kesempatan, baik ruang dan waktu untuk pengembangan potensi peserta didik. Dalam hal ini Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah mendorong siswa yang mempunyai potensi dalam bidang sains matematika untuk mengikuti berbagai kompetisi atau olimpiade yang dilaksanakan, baik luring maupun daring.


Kompetisi ini menjadi pengalaman pribadi yang terbaik buat masing-masing siswa/i madrasah, karena tujuan utama bukanlah juara semata, melainkan pengalaman siswa dalam bersaing dan memecahkan soal-soal yang diujikan. Pengalaman ini akan berdampak bagi siswa/i madrasah ketika ia melanjutkan pendidikan tinggi maupun dunia pekerjaan yang membutuhkan analisis soal penalaran ataupun soal-soal perpecahan masalah.


Keterbatasan ruangan, menyebabkan seleksi final peserta OPTIKA 2023 Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah terpaksa dilaksanakan di lobi kantor Madrasah Pinggiran ini. Namun tidak mengurangi esensi dari pelaksanaan seleksi. Tim Pengembang dengan memperhatikan hasil seleksi dan berbagai intrumen dalam rangka melakukan pelyanan yang berkelanjutan, menghasilkan dua Tim yang akan berlaga dalam kompetisi tahunan di UIN tertua di Indonesia ini.

Setelah melakukan permufakatan, Tim Pengembang Madrasah menetapkan Tim OPTIKA Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah tahun 2023 yang terdiri dari, Ananda Novia Maharani Kelas XII IPS, Ananda Ardian Rifqi Kelas XII IPA, Ananda Dina Dwiyanti Kelas XI IPA, Ananda Putri Ruqayyah Tul Fathimah Kelas XI IPA, Ananda Wafa Ayla Ramadhani Kelas X IPA, dan Anada Ilham Hardian Umanailo Kelas X IPA. Selamat kepada siswa yang telah terpilih untuk mewakili Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah dalam ajang OPTIKA 2023. (Humas MA Yapis Al-Oesmaniyyah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]