Post Page Advertisement [Top]

ArtikelKurikulum

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH LAKUKAN SOSIALISASI TERKAIT PELAKSANAAN ASESMEN BAKAT DAN MINAT TAHUN 2023

 

Jakarta, 01 November 2023

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta, melakukan kegiatan sosialisasi terkait pelaksanaan Asesemen Bakat dan Minat (ABM) Tahun 2023. Asesmen Bakat Minat (ABM) merupakan tes yang mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang  khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu. Hasil ABM diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik pada bidang keahlian yang tepat sehingga menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Aspek yang diukur dalam Tes Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Tes Minat.


Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah merupakan salah satu madrasah yang  mengembangkan keunggulan karakter dan prestasi melalui bidang akademik dan non akademik sekaligus memadukannya dengan nilai-nilai keagamaan dan kepribadian unggul melalui program terukur dan terencana. Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah memiliki prinsip bahwa madrasah merupakan wadah pengembangan pribadi siswa. Oleh karena itu, sudah sepatutnya madrasah menjadi rumah kedua bagi siswa dimana siswa mampu meningkatkan potensi diri, mengembangkan karakter dan keterampilan dengan perasaan senang dan penuh semangat. 

Pelayanan ABM di Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah bertujuan untuk memberikan informasi mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.

 
Pelaksanaan ABM tidaklah menjadi kewajiban sekolah/madrasah, atau peserta didik. Namun demikian Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah mengambil kesempatan baik ini untuk melakukan asesmen profil dari peserta didik, dengan mempertimbangkan kesediaan peserta didik. Dari data Tim Pengembang Madrasah terdapat 40 peserta didik yang berkenan mengikuti pelaksanaan ABM Tahun 2023. Dengan ABM ini madrasah diharapkan mendapatkan data untuk memberikan pelayanan purna wiyata, dan keberlanjutan pendidikan di perguruan tinggi, berdasar  pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan sikapnya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. 
 
ABM Tahun 2023 dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Penilaian Pendidikan (BP3). BP3 merupakan institusi yang juga mengelola Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Asesmen minat dan bakat atau tes minat dan bakat adalah tes yang dapat digunakan untuk melihat potensi dan ketertarikan seseorang terhadap suatu bidang.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Madrasah yang mengusung tag line Stasiunnya Anak Sholeh Terminalnya Orang Pintar, Mitra Orang Tua Membina Putra ini. Kepala Madrasah, Drs. Muslimin langsung menunjuka Ketua Tim Pengembang Madrasah sebagai Ketua Panitia, proktor, teknisi dan panitia yang di SK-kan dalam Surat Keputusan Kepanitian ABM Tahun 2023.

Panitia ABM Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang sudah ditetapkan Kepala Madrasah langsung bergerak cepat. Dimulai dari sinkronisasi data EMIS Madrasah dengan Verval PD Kementrian Pendidikan Ristek, penarikan data peserta ABM, sekaligus penetapan, penentuan ruang dan penentuan sesi pelaksanaan ABM Tahun 2023. 

Tak mau ketinggalan, proktor dan teknisi yang telah ditunjuk bergerak cepat mempersiapkan infrastruktur terkait dengan pelaksanaan ABM. Seluruh perangkat komputer langsung dipersiapkan, termasuk upgrade Operasi Sistem Windows yang mensyaraktakan minimal Windows 8.  Alhamdulillah dengan waktu yang tidak terlalu lama, semua persiapan sudah dilakukan secara maksimal, sehingga tanggal 1 November 2023 Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta siap untuk melakukan gladih bersih, dan siap untuk menggelar ABM pada tanggal 14 November 2023. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]