Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasLayananpendidikan

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH MENDAPAT KUNJUNGAN TIM CSR PT JICT JAKARTA RENCANAKAN PROGRAM GREEN DOCK SCHOOL


Jakarta, 09 Mei 2023

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah mendapat kehormatan dengan kunjungan pejabat internal Departemen Operational CSR (Corporate Social Responsibility)PT. JICT (Jakarta international Container Terminal). Kunjungan kehormatan ini diwakilkan oleh Bapak Mustaqim selaku Pejabat Internal Tim  CSR PT JICT yang didampingi oleh Bapak Sulaiman staff Tim CSR.


Agenda kunjungan TIM CSR PT JICT ini dalam rangka melakukan sosialisasi dan penjaringan sekolah mitra dalam Program Green Dock School, yang merupakan program bina lingkungan di sektor pendidikan yang dilakukan secara berkelanjutan setiap tahun.  Tahun 2023 ini merupakan program Green Dock School tahun ke-11 yang telah dilakukan oleh Program CSR PT JICT Jakarta.



Sebagai informasi penting, PT. JICT (Jakarta international Container Terminal) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bongkar muat petikemas baik ekspor maupun impor di Pelabuhan Tanjung Priok. PT. JICT merupakan terminal terbesar dan tersibuk di Indonesia dengan memiliki dermaga sepanjang 552m2 dan lapangan penumpukan seluas 3,5 Ha. PT. JICT telah terakreditasi standar ISO 9002 dan bertujuan untuk menyediakan layanan terbaik melalui dedikasi tenaga kerja professional. 


Sadar akan tanggung jawab sosial dalam rangka menjalankan kerangka konseptual dan kebijakan yang berlaku tentang tanggung jawab sosial perusahaan guna berpartisipasi dalam mewujudkan pembangunan sosial 11 menuju kesejahteraan masyarakat, maka PT. JICT berkomitmen untuk memperhatikan pembangunan berkelanjutan dengan menerapkan program CSR dalam implementasi manajemen usahanya untuk membantu menciptakan sumber daya manusia yang lebih baik dan berkompeten. 


Fokus PT. JICT disalurkan melalui beberapa program yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan budaya. Namun, program pembangunan berkelanjutan yang merupakan indikator pembangunan sosial difokuskan pada satu program saja yaitu program pendidikan.


Penerapan CSR PT JICT pada dasarnya diarahkan pada penguatan kualitas SDM melalui perbaikan sarana dan prasarana pendidikan. Hal ini sejalan dengan program CSR yang dimiliki oleh PT. JICT terkait pemberdayaan dalam sektor pendidikan. Atas keseriusannya terhadap komitmen moral dan kemanusiaan melalui bidang pendidikan, PT. JICT mendapatkan penghargaan dari Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia untuk program 12 CSR terbaik dalam kategori ‘SDGs 4’ pada ajang Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) selama 2 tahun berturut turut pada tahun 2017 dan 2018 dari Corporate Forum for Community Development (CFCD) pada kategori SDGs 4 atau program pendidikan berkualitas. Pencapaian program rumah belajar mendapatkan penghargaan Gold di 2017 dan 2018, sedangkan program Green Dock School mendapatkan penghargaan Silver. (Ekonomi Bisnis 2017)


Kunjungan Tim CSR PT JICT diterima oleh Tim Pengembang Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, diantaranya Ketua Tim Pengembang sekaligus Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Bapak Basuki, S.Si, Sekretaris Tim Pengembang sekaligus Wakil Kepala Madrasah BIdang KEsiswaan, Bapak Ali Helmi, S.T dan Anggota Tim Pengembang sekaligus Wakil Kepala Bidang Sarpras Bapak Warno, S.Pd.I dan Ketua Tim IT MA YAPIS Al-Oesmaniyyah Bapak Ahmad Zaki Al Bantani, S.T. 


Diskusi dilakukan cukup hangat, kekeluargaan dalam suasana kesederhanaan membahas program CSR PT JICT Jakarta yang kemungkinan dapat diterapkan di Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang secara geografis sangat berdampak dengan keberadaan PT JICT Jakarta. Secara geografis Madrasah Pinggiran Teluk Jakarta ini berada sekitar radius 200 m dari garis batas PT JICT Jakarta. 



Bapak Mustaqim menyampaikan bahwa Program CSR PT JICT Jakarta merupakan program berkelanjutan yang mendukung SDGs (Sustainable Development Goals)  sebuah program pembangunan berkelanjutan dimana didalamnya terdapat 17 tujuan dengan 169 target yang terukur dengan tenggat waktu yang ditentukan, salah satunya Tujuan ke-4 SDGs adalah Pendidikan Yang Berkualitas. Oleh karenanya menurut Bapak Mustaqim, Program CSR PT JICT Jakarta berfokus pada peningkatan mutu pendidikan di sekolah mitra dengan berorientasi lingkungan, penyiapan tenaga kerja terampil dengan membekali ketrampilan komputer dan bahasa inggris, serta memiliki wawasan kepelabuhan dan kemaritiman.


Diskusi yang cukup berkesan dan bermakna antara Tim CSR PT JICT Jakarta dan Tim Pengembang Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah diakhiri dengan harapan yang begitu mendalam dari Ketua Tim Pengembang mewakili Bapak Kepala Madrasah, Bapak Drs. Muslimin yang sedang sakit, mudah-mudahan Tim CSR PT JICT Jakarta berkenan menjatuhkan pilihannya di madrasah pinggiran ini menjadi mitra sekolah Program Green Dock School Tahun 2023.



Program ini sangat begitu bermanfaat bagi madrasah yang memiliki tag line Terminalnya Anak Sholeh Stasiunnya Orang Pintar, Mitra Orang Tua Membina Putra. Madrasah yang menampung masyarakat miskin kota yang bertempat tinggal di daerah kumuh dan miskin pinggir bantaran rel Kereta Api  Kampung Muara Bahari, Solo Bone, Kampung Bahari, Warakas, Papanggo, Kebung Bawang, Lagoa Kanal, Sungai Bambu, Sunter, Pademangan, Koja  dan Kalibaru. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]