Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasLayanan

MADRASAH ALIYAH YAPIS TERIMA KUNJUNGAN SURVEYOR GEOINFO TERKAIT VERIFIKASI DATA EMIS MADRASAH TAHUN 2023

Jakarta, 30 April 2024

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta menerima kunjungan GeoINFO sebagai sampel pelaksanaan survei Akurasi Data EMIS. Kunjungan dilaksnakan pada tanggal 30 April 2024, yang sebelumnya pihak perwakilan GeoINFO telah berkoordinasi dengan operator madrasah.

Ricky Firdaus, S.S dari GeoINFO, konsultan riset yang ditugaskan Kementerian Agama untuk melaksanakan kegiatan survei Akurasi Data EMIS 2023 ini tiba di MA YAPIS Al-Oesmaniyyah pukul 07.30 WIB dan langsung menemui Kepala Madrasah, Bapak Drs. Muslimin dan Operator Madrasah Ibu Sondang Nauli..


Sebelum wawancara dimulai, Ricky menyampaikan bahwa kegiatan survei ini bertujuan untuk mengukur akurasi data sistem EMIS Madrasah 4.0 pada periode pengisian Semester Genap TA 2022/2023 dan untuk mengetahui persepsi pengguna/user terhadap sistem EMIS Madrasah 4.0 (Operator EMIS Madrasah dan Kepala Madrasah).

Pelaporan data sangatlah penting untuk memonitoring data yang akurat di setiap institusi, seperti pelaporan data perguruan tinggi ke Kemendikbudristek yaitu dengan pelaporan ke PDDIKTI, kalau sekolah ke Dapodik, nah untuk perguruan tinggi dan madrasah dibawah naungan Kemenag juga ada pelaporanya sendiri yaitu pelaporan ke EMIS. 


EMIS adalah kepanjangan dari Education Management Information System yaitu sistem pengelolaan data yang dikelola oleh Ditjen Pendidikan Islam untuk mendukung kebutuhan perencanaan dan pengambilan kebijakan di bidang Pendidikan Islam. EMIS dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan jajaran Ditjen Pendidikan Islam dan stakeholder lainnya akan tersedianya data pendidikan Islam yang lengkap, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.


"Senang bisa berkunjung langsung di MA YAPIS Al-Oesmaniyyah yang menjadi sampel survey Akurasi Data EMIS 2023, dan saya disambut dengan ramah dan penuh kehangatan dari seluruh warga MA YAPIS Al-Oesmaniyyah," ujar Ricky panggilan akrabnya.


Selain Ricky Firdaus, S.S, turut serta juga Bapak Nanang Kurniawan, S.Pd selaku Operator EMIS Kanwil Kementrian Agama DKI Jakarta yang kurang lebih 5 jam di madrasah mewancarai Kamad dan Operator serta melihat langsung data yang dibutuhkan untuk menunjang survei Akurasi Data EMIS 2023.

Seluruh data yang dibutuhkan dalam survei ini bisa diperlihatkan. Hal tersebut senada apa yang dilaporkan oleh Bapak Drs. Muslimin, yang didampingi oleh Tim Pengembang Madrasah, Bapak Basuki, S.Si dan Bapak Ali Helmi, S.T setelah wawancara dilakukan.


"Alhamdulillah kami dari MA YAPIS Al-Oesmaniyyah merasa bersyukur bisa menjadi sampel pada survei Akurasi Data Emis ini dan seluruh data yang dibutuhkan bisa kami perlihatkan untuk membantu proses survey," tukas Drs. Muslimin selaku Kepala MA YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta.


Di tempat yang sama Ibu Sondang Nauli, Operator MA YAPIS Al-Oesmaniyyah bersyukur dengan kedatangan para surveyer, ia bisa berkonsultasi langsung tentang beberapa kendala saat menjalankan aplikasi.


"Alhamdulillah lewat survei ini kami bisa menyampaikan kendala yang selama ini kami temui saat mengaplikasikan Aplikasi EMIS  dan tentu kami juga menyampaikan harapan-harapan untuk pengembangan EMIS kedepannya," ujar Gadis yang sudah lebih dari tujuh tahun menekuni di bidang operator madrasah ini. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]