Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaan

TIM SOSIALISASI PPDB MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH LAKUKAN SOSIALISASI DI SMPN 95 JAKARTA

 

Jakarta, 26 April 2024

Dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2024-2025, Jum'at tanggal 26 April 2024, Tim Sosialisasi PPDB Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta Utara melakukan persiapan dengan menggelar sosialisasi yang menyasar satuan pendidikan jenjang  SMP dan MTs se-Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Jum'at yang penuh keberkahan ini Tim Sosialisasi PPDB melakukan kegiatannya di SMPN 95 Jakarta Utara.

Tim Sosialisasi PPDB Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, yang dinahkodai langsung oleh Ketua Panitia PPDB, Bapak Ali Helmi, S.T, melakukan sosialisasi di SMPN 95 Jakarta. Kegiatan sosialisasi PPDB didampingi secara penuh oleh Wakil Kesiswaan SMPN 95 Jakarta, Bapak Ruslan, M.Pd. SMPN 95 Jakarta adalah salah satu SMP Negeri Terbaik di bilangan Jakarta Utara.

Semua informasi terkait dengan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah disampaikan secara runtut, oleh Tim Sosialisasi yang terdiri dari Bapak Ali Helmi, S.T,  Bapak Imam Faqih, S.Pd, Bapak Achmad, M.Pd, Bapak Wahidin, S.Sos dan Bapak Basuki, S.Si. Informasi terkait dengan MA YAPIS Al-Oesmaniyyah juga disampaikan oleh Peserta Didik, yang diwakilkan oleh Ananda Hilwa, Ananda Niissrina, Ananda Asti, Ananda Akbar, Ananda Lukman, Ananda Nabil, Ananda Husain, dan Ananda Sadam.

Sebagai informasi tambahan, Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyah merupakan lembaga pendidikan formal setara dengan Sekolah Menengah Atas, berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YAPIS) Al-Oesmaniyah yang didirikan oleh Almarhum Prof. Oesmani Al-Hamidy, M.A. Melalui Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyah beliau berusaha menjawab tantangan zaman, dengan mengembangkan pendidikan yang memadukan kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional yang berbasis kepada kurikulum Kementrian Agama, Kementrian Pendidikan dan Kepesantrenan.

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah merupakan model intitusi pendidikan yang mencoba menerapkan Manejemen Pengelolaan Pendidikan Berbasis Biaya Murah (Low Cost Based Management). Pengembangan sekolah yang berwawasan populis, pengembangan pendidikan dalam upaya mendekatkan sekolah sebagai pusat pengembangan masyarakat (Center for Community Development). 

Budaya kapitalis telah merambah dunia pendidikan. Dunia pendidikan tidak luput dari kekejaman kapitalisme yang cenderung hanya bicara uang dan keuntungan materil. Pendidikan dikuasai oleh pemilik uang, orang kaya menjadi kelompok elit dalam dunia pendidikan. Sementara kelompok miskin menjadi kelompok termarginalkan yang hanya menjadi penonton. Budaya yang muncul dalam pendidikan adalah budaya yang cenderung mengajarkan sikap hedonism, materialism, pragmatism dan budaya serba instan. 


Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah diharapkan memberikan nuansa kontradiktif dengan kapitalisasi pendidikan. Madrasah harus terus memberikan ruang dan kesempatan bagi siapapun untuk dapat mengembangkan potensi pribadi untuk maju, tanpa melihat status dan strata sosial. Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah harus mempunyai keberpihakan pada masyarakat miskin kota yang selama ini hanya sebagai obyek politik kapitalis yang selalu termarginalkan.


Terselenggaranya kegiatan ini merupakan informasi awal bagi satuan pendidikan khususnya Madrasah Tasnawiyah (MTs), maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP), terkait dengan informasi Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Informasi ini berkaitan dengan kondisi fisik madrasah, visi misi pengembangan madrasah, pembiayaan dan proses pembelajaran serta prestasi-prestasi yang menjadi capaian madrasah pinggiran ini.

Sosialisasi yang dilaksanakan secara berkesinambungan oleh Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Tahun Pelajaran 2024-2025. Tim menerjunkan Tim Pengembang Madrasah yang didampingi oleh peserta didik kelas XII, yang sudah menyelesaikan proses pembelajaran, dan sebagian besar sudah mendapatkan tempat lanjut studi di berbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]