Post Page Advertisement [Top]

KesiswaanKurikulumlearnstudy

HASIL SELEKSI PESERTA OPTIKA UIN SYARIF HIDAYATULLAH: OLIMPIADE MATEMATIKA MODEL KOMPETISI MEMBANGUN MENTAL JUARA

 




Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah, 14 September 2021

Olimpiade Matematika (OPTIKA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan perkembangan dari kegiatan Lomba Cerdas Cermat Matematika (LCCM) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendididkan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan LCCM ini timbul dari rasa peduli Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap kondisi dan mutu madrasah yang pada saat itu masih kurang diperhatikan oleh Pemerintah dan dianggap tidak mampu bersaing dengan sekolah umum, terutama dalam mata pelajaran sains yaitu matematika.

Semenjak LCCM pertama kali diadakan pada tahun 1988, dimana peserta yang diikutsertakan hanya siswa dari Madrasah Aliyah (MA) di wilayah Jakarta Selatan. Beberapa tahun kemudian yakni tepatnya pada pelaksanaan LCCM 9 dan LCCM 10, sangat nyata perkembangan dan kemajuan kegiatan ini yang dilakukan oleh panitia. Pada LCCM 9 di tahun 2009, peserta yang dilibatkan merambah hingga tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan wilayah yang diperluas hingga se-Jabodetabek. Perkembangan LCCM pun semakin terlihat, bukan hanya tingkatannya tetapi jangkauan wilayah serta menjangkau jenjang sekolah Islam.

Pada tahun 2012 yang lalu, kami mantapkan kehadiran LCCM dengan nama dan format acara yang baru. Perubahan nama LCCM (Lomba Cerdas Cermat Matematika) menjadi OPTIKA (Olimpiade Matematika) dan wilayah kegiatan yang diperluas hingga seluruh Pulau Jawa. Pelaksanaan kegiatan pun bukan sekedar LCCM, namun juga disertai dengan sistem Olimpiade di sejumlah tahap. Format acara yang lebih variatif pun semakin menarik perhatian para peserta untuk ikut serta. Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah peserta menjadi 750 regu dari seluruh pulau Jawa.

Kegiatan OPTIKA terus mengalami perkembangan, mulai dari OPTIKA 12 hingga OPTIKA 18. Perkembangan yang sangat terlihat pun terjadi pada OPTIKA 14. Dimana cakupan wilayah yang sebelumnya se-Jawa, diperluas menjadi se-Indonesia serta format olimpiadenya yang berada di beberapa tahap yaitu seleksi wilayah, seleksi nasional dan olimpiade semifinal. Dengan Lomba Cerdas Cermat Matematika sebagai tahapan akhir atau Grand Final OPTIKA.Respon positif pun semakin terlihat dari masyarakat, terlihat pada jumlah peserta OPTIKA 17 yang terus meningkat mencapai 1319 regu.

Panitia Seleksi Peserta Kompetisi Olimpiade Matematika (OPTIKA) Tahun 2021 Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah terus berbenah untuk mempersiapkan peserta dalam gelaran Olimpiade yang merupakan model kompetisi untuk membangun mental juara. Madrasah Aliyah YAPIS berusaha untuk berpartisipasi dalam helatan tersebut. Bahkan pada tahun 2005, 2006, 2007 sewaktu masih bernama LCCM, Madrasah Aliyah YAPIS dapat memwakili Jakarta Utara masuk babak final yang diadakan di UIN Syarif Hidayatullah Ciputat.

Seleksi dimulai dari penjaringan siswa berminat dan berbakat pada bidang matematika dari setiap kelas. Peserta yang terjaring dari penseleksian dari setiap kelas kemudian menjalani serangkaian test yang dilakukan secara terbuka, transparan dan terukur untuk menentukan calon-calon yang akan mewakili Madrasah Aliyah YAPIS dalam pertarungan tersebut. Nantinya Peserta yang lolos dalam babak seleksi ini akan menjalani Training Center. Pemusatan Latian OPTIKA MA YAPIS Al-Oesmaniyyah bekerja sama dengan Bimbel Sigma Education Center yang merupakan Mitra MA YAPIS dalam meningkatan mutu dan pelayanan. Berikut Hasil Seleksi yang telah dilakukan secara serentak pada tanggal 14 September 2021:

DAFTAR PEROLEHAN SKOR

TES SELEKSI PESERTA OPTIKA  UIN  SYARIF HIDAYATULLAH

TAHUN 2021

NO

NAMA

KELAS

SKOR

PERINGKAT

1

ARDIAN RIFQI

X IPA

69

1

2

MELIS ARSYA

X IPA

25

11

3

RINA SEPTIYANI

X IPA

23

13

4

SITI MAEMUNAH

X IPA

15

21

5

IRFAH MUZAYYANAH

X IPA

43

6

6

ASTI MARYANI

X IPA

35

8

7

ALLYA FADHILA

X IPA

19

19

8

HILWA RAHMA H

X IPA

68

3

9

MUHIBAN ALBUKHORI

X IPA

37

7

10

SARAH ALFIANTI

X IPA

46

4

11

UMMU SALMAH

X IPS

16

20

12

MAYA DAMAYANTI

X IPS

22

14

13

NISRIINA AFIIFAH

X IPS

20

18

14

RIZKY AL HUSEINI A

X IPS

21

16

15

SADAM AJI SAPUTRA

X IPS

26

10

16

MUHAMMAD ALI HUSAIN

X IPS

10

22

17

ZAHRA AMALIA ANRAZ

XI IPA

22

14

18

FAUZIYAH SALSABILA

XI IPA

32

9

19

RICHIE MAFAZI

XI IPA

69

1

20

MUTIA PUTRI DAMAYANTI

XI IPA

24

12

21

ADHIRA FEBRIANTI

XI IPS

21

16

22

NESSA MEDIYANTI

XI IPS

44

5

Jakarta, 16 September 2021

Mengetahui,

Ketua Team Seleksi

Drs. Muslimin

Basuki, S.Si

 Kepada peserta yang menduduki peringkat 1-6, diharapkan untuk menghubungi dan mengisi pernyataan kesanggupan untuk mengikuti Training Center dalam rangka persiapan pelaksanaan OPTIKA 21 UIN SYARIF HIDAYATULLAH. (humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]