Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumaskegiatanKesiswaanosis

OSIS MA YAPIS AL-OESMANIYYAH: MENJADI PEMATERI PESANTREN ROMADHON DI SMP NURUL IMAN JAKARTA

Jakarta, 09 April 2023

Di Indonesia, ada banyak hal menarik dan unik yang akan kita temui dan mungkin saja tak ada di negara lain. Salah satunya kegiatan unik yang sering dilakukan oleh para siswa ketika bulan Ramadhan adalah adanya kegiatan pesantren kilat. Mungkin bagi kalian yang beragama Islam tak asing dengan kegiatan pesantren kilat apalagi ketika masih menempuh pendidikan di sekolah (SD, SMP, SMA).

Kegiatan pesantren kilat hanya ada pada waktu bulan Ramadhan dan kegiatan ini biasanya akan lebih mudah ditemukan di sekolah-sekolah. Sampai saat ini, kegiatan pesantren kilat masih terus ada, guna mempermudah para siswa untuk mendalami ilmu agama Islam.

Pesantren kilat adalah kegiatan keagamaan yang dilakukan secara singkat, dan dilakukan rutin di bulan ramadhan oleh lembaga pendidikan untuk memotivasi para peserta didik di lingkungan sekolah, dengan mengajarkan beberapa pelajaran penting. Kegiatan ini wajib untuk diikuti oleh seluruh peserta didik yang ada di satuan pendidikan khususnya peserta didik yang beragama Islam.

Agak berbeda dengan kegiatan OSIS MA YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta. Pengurus OSIS MA YAPIS Al-Oesmaniyyah justru menjadi narasumber pesantren romadhon  di beberapa sekolah, salah satunya SMP Nurul Iman di Jakarta Utara.


Pengurus OSIS, khususnya bidang dakwah mendapat kepercayaan di SMP Nurul Iman yang berlokasi di Komplek Arhanud Tanjung Priok Jakarta Utara. Kerjasama ini merupakan bentuk implementasi pembiasaan yang dilakukan madrasah pinggiran ini. Pembiasaan yang dimaksud adalah sebelum memulai pembelajran, seluruh siswa masuk dalam masjid untuk melakukan pembiasaan tadarus bersama, pembacaan asmaul husna, dan muhadhoroh, salah satunya seluruh peserta didik terjadwal untuk latihan pidato terkait dengan materi keagamaan. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]