Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumaskegiatanKesiswaanosis

OSIS MA YAPIS AL-OESMANIYYAH : TADARUS AL-QUR'AN " ONE NIGTH ONE JUZ" SEMARAKKAN KEGIATAN ROMADHON MASJID AL-ISTIQOMAH PTDI

Jakarta, 22 Maret 2024

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat islam di seluruh dunia. Pasalnya dalam bulan ramadhan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, bahkan amal ibadah akan dibalas dengan balasan yang lebih banyak dibandingkan dengan hari diluar bulan ramadhan. 


"Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185)

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MA YAPIS Al-Oesmaniyyah membuat program dalam mengisi bulan suci Romadhon dengan tadarusan bersama, satu malam satu juz dalam program Romadhon "One Night One Juz". Dalam Bimbingan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Ketua OSIS, Rasya Bintang Wijaya membuat jadwal secara bergilir kepada seluruh siswa putra madrasah pinggiran ini untuk melakukan tadarus Al-Qur'an di Masjid Al-Istiqomah Komplek Perguruan Tinggi Dakwa Islam PTDI.


Pengawasan dan pembimbingan dilakukan oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, dibantu oleh Ketua Bidang Koordinator 7K dan Ibadah, Bapak Wahidin Azam, S.Sos.I dan Bapak Imam Faqih, S.Pd.I mewakili staff kesiswaan. Kegiatan tadarus dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat tarawih sampai selesai 1 juz.

Kegiatan ini dirancang sebagai kelanjutan program Pesantren Romadhon yang telah dilaksanakan mulai tanggal 12 Maret 2024. Program pembiasaan One Night One Juz, diharapkan memberikan pembiasaan kepada seluruh siswa untuk melakukan tadarus Al-Qur'an sebagai amalan harian, baik selama bulan Romadhon, dan terus berlanjut kegiatan haris selepas bulan Romadhon.(Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]