Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumaskegiatanKesiswaanosis

WISUDAWAN AKHIR TAHUN PELAJARAN 2022-2023: BANGGA MENJADI BAGIAN GOLONGAN PRO MASYARAKAT PINGGIRAN

 

Jakarta, 06 Juli 2023

Acara perpisahan sekolah/madrasah menjadi agenda tahunan yang rutin digelar setiap momen kelulusan. Selain melepas siswa tingkat akhir untuk memasuki jenjang pendidikan yang baru, acara ini juga menjadi wadah untuk menunjukkan potensi diri siswa.

Dalam sekolah berbasis agama Islam seperti pesantren terdapat istilah khusus untuk merayakan acara perpisahan sekolah yaitu haflah akhirussanah. Mengutip buku Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis oleh Ahmad Yusuf, haflah artinya 'perayaan atau pesta', akhir artinya 'akhir', dan sannah artinya 'tahun'. Jadi, bisa dikatakan haflah akhirussanah artinya adalah perayaan akhir tahun santri atau siswa yang telah selesai menjalani pendidikan. Haflah akhirussanah juga menjadi pertanda telah berakhirnya tahun ajaran.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat haflah akhirussanah seperti menghafal do'a sehari-hari, praktek ibadah, menghafal Alquran, maupun unjuk kebolehan lainnya seperti menampilkan sebuah drama, sholawatan, dan tarian Islami.

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta, melaksanakan wisuda akhir tahun pelajaran 2022-2023 sebagai bentuk rasa syukur, setelah menyelesaikan tugas menghantarkan siswa kelas XII ke puncak pembelajan Madrasah. Rasa bangga tercermin dari seluruh peserta wisuda dan seluruh warga madrasah, karena semua merasa menjadi bagian yang terus memberikan pelayanan kualitas pendidikan bagi kalangan masyarakat miskin kota.


Berbagai kegiatan siswa ditampilkan dalam perayaan tahunan ini, diantaranya kegiatan seni tari, seni musik, seni beladiri, tahsin wa tahfidz, ataupun berbagai atraksi ekstrakurikuler, baca puisi, sajian tari japin, tari saman dan kegiatan lainnya, yang berujung pada prosesi wisuda akhir tahun kelas XII.


Kemeriahan acara dapat tercermin dari seluruh siswa yang menjadi bagian dari acara ini. Setiap siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk memberikan kontribusi mengisi acara. Sesuai dengan arahan dari Bapak Ali Helmi, S.T, selaku Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan, sekaligus ketua panitia acara wisuda akhir tahun yang dibantu oleh Bapak Imam Faqih, S.Pd.I. Beliau memberikan arahan dan pemdampingan badi siswa yang akan tampil untuk mengisi acara.


Bapak Drs. Muslimin selaku Kepala Madrasah, dalam sambutannya menyampaikan pesan dan kesan khususnya untuk para siswa yang secara simbolik akan dilepas untuk melanjutkan kiprahnya secara nyata dalam dunia nyata. "Anak-anak khususnya kelas XII, saya berpesan secara khusus, dalam kondisi apapun, jangan tinggalkan sholat, selalu lakukan kebaikan yang selama ini telah kita lakukan pembiasaan. Jaga nama baik almamater, agama, orang tua, negara dan bangsa", tegas Kepala Madrasah disaat sambutan pada acara wisuda akhir tahun yang dilaksanakan tanggal  18 Juni  2023.


Secara khusus, Ketua Panitia Pelaksana Bapak Ali Helmi, S.T mengucapkan terima kasih sebasar-besarnya kepada seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya acara Wisuda Akhir Tahun Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah tahun pelajaran 2022-2023. Khusus untuk seluruh panitia dan siswa yang telah berpartisipasi dalam acara ini mudah-mudahan dapat menjadikan ajang ekspresi diri dan penguatan karakter dan mental bersaing yang berujuang menaikkan mutu dan pelayanan pendidikan di Madrasah Pinggiran ini. Banggalah menjadi bagian yang terus dan terus melakukan perbaikan menuju arah kemenangan. Banggalah menjadi komunitas yang peduli kepada golongan masyarakat miskin kota yang selalu termarjinalkan. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]