Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaan

H. HENDRA PENGUSAHA EMAS YANG PEDULI PENDIDIKAN: SERAHKAN BANTUAN LDKS KE MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH

 
Jakarta, 12 Oktober 2023

Peran masyarakat peduli pendidikan, khususnya di Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah menunjukkan tren positif. Hal ini terbukti dengan kepedulian salah satu Pengusaha Toko Emas Dermaga di bilangan Pasar Bahari, Tanjung Priok. H. Hendra sapaan pengusaha toko emas ini yang sering memberikan perhatihan khusus terhadap perkembangan pendidkan di Madrasah, baik perkembangan positif, maupun negatifnya.


Perkembangan positif yang dimaksud, beliau selalu mengikuti perkembangan perbaikan pelayanan mutu pendidikan di Madrasah Pinggiran, yang berada di keramaian Stasiun dan Terminal Tanjung Priok ini. Berbagai peningkatan mutu madrasah ini tidak luput dari pantauan beliau semisal, banyaknya siswa yang berhasil memenangkan berbagai kejuaraan, baik akademik maupun non akademik, dari tingkat regional, nasional maupun internasional. Sedangkan perkembangan negatifnya, tak jarang pengusaha keturunan Minang ini harus turun tangan jika terdapat kekurangan pelayanan kepada peserta didik, sampai hal-hal yang menyangkut masalah keuangan.


Tokoh yang selalu menjaga diri dalam konsep kejama'ahan ini baru saja menyerahkan bantuan yang berupa uang tunai dalam rangka menyukseskan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) Madrasah yang mengusung tag line Stasiunnya Anak Sholeh, Terminalnya Orang Pinter, Mitra Orang Tua Membina Putra ini. Bantuan uang tunai langsung diterima oleh Ketua Tim Pengembang yang sekaligus Wakil Madrasah Bidang Kurikulum, Bapak Basuki, S.Si.  Penyerahan Bantuan disaksikan oleh Bapak Imam Faqih, S.Pd.I pada hari Rabu tanggal 11 Oktober 2023, sekitar pukul 06.45 WIB, di pintu gerbang Yayasan Pesantren Islam yang menaungi Madrasah Pinggiran ini.


Bukan kali pertama salah satu tokoh pemerhati pendidikan ini memberikan sumbangan ke Madrasah Aliyah YAPIS. Sosok sederhana, yang tinggal di daerah Warakas I, belum lama ini memberikan bantuan pendanaan, dikarenakan Madrasah Pinggiran ini mengalami kesulitan untuk menunaikan kewajibannya membayar honor guru dan karyawan. Tanpa harus melakukan studi kelayakan apakah madrasah akan sanggup mengembalikan bantuan itu, beliau tetap dengan semangat dan tulus menggelontorkan bantuan, sehingga guru dan karyawan dapat menerima hak-haknya tepat waktu.


"Alhamdulillah, terima kasih saya sampaikan kepada H. Hendra yang telah berkenan dan peduli dengan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Mudah-mudahan Allah akan membalas kebaikan Bapak, dan dicatat sebagai amal sholeh",
ucap Bapak Kepala Madrasah, Drs. Muslimin.  Kepala Madrasah mewakili seluruh guru dan karyawan serta seluruh warga madrasah mengucapkan terima kasih yang mendalam atas partisipasi dan bantuan yang selama ini diberikan demi perkembangan pendidikan, khususnya pendidikan Islam.


Peran masyarakat dalam konteks Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), semestinya lebih dimaksimalkan perannya. Masyarakat tidak hanya berkecimpung dalam bidang penbiayaan semata, tetapi juga dilibatkan dalam pengembangan madrasah di satuan pendidikan. Pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah/Madrasah menjelaskan bahwa setiap satuan pendidikan diharuskan untuk membentuk komite sekolah/madrasah di setiap satuan pendidikan. Komite sekolah/madrasah  diharapkan dapat meningkatkan kontrol terhadap kinerja satuan pendidikan dalam menjalankan setiap kebijakan pendidikannya.


Sebagai konsekwensi perluasan makna partisipasi masyarakat dalam penyelengaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan, maka diperlukan wadah yang dapat menampung dan menyalurkan pikiran dan gagasan dalam mengupayakan kemajuan pendidikan yang diberi nama Komite Sekolah/Madrasah. Dalam hal ini komite sekolah/madrasah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah maupun pendidikan dasar dan menengah. Dibentuknya komite sekolah/madrasah dimaksudkan agar adanya suatu organisasi masyarakat yang mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas sekolah/madrasah. 


Hal yang demikianlah yang telah dan terus akan dilakukan Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Madrasah melalui KOmite Madrasah akan selalu menjembatani komunikasi dan kepedulian warga masyarakat atau tokoh-tokoh peduli pendidikan untuk terlibat, baik langsung maupun tidak langsung dalam rangka peninhkatan mutu pelayanan pendidikan di madrasah, khususnya Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Semoga peran serta masyarakat ini menjadikan energi terbarukan bagi Madrasah Pinggiran ini menuju Madrasah Inggul, Madrasah Hebat Bermartabat, Madrasah Mandiri Berprestasi. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]