Post Page Advertisement [Top]

ArtikelkegiatanKesiswaan

SOSIALISASI PEMILU 2024: MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH GANDENG CALEG DPRD DKI JAKARTA

 


Jakarta, 16 OKtober 2023

Pemilihan umum yang disingkat pemilu menjadi sangat dekat hubungannya dengan masalah politik dan pergantian pemimpin. Dilansir dari situs resmi Komisi Pemilihan Umum, dalam sebuah negara demokrasi, pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi kehendak masyarakat. Pemilu sekaligus merupakan proses demokrasi untuk memilih pemimpin.

Pengertian pemilu : Sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pengertian pemilihan umum diuraikan secara detail. Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Dengan kata lain, pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk menjalankan kedaulatan dan merupakan lembaga demokrasi.

Secara teoritis pemilihan umum dianggap merupakan tahap paling awal dari berbagai rangkaian kehidupan tata negara yang demokratis. Sehingga pemilu merupakan motor penggerak mekanisme sistem politik Indonesia. Sampai sekarang pemilu masih dianggap sebagai suatu peristiwa kenegaraan yang penting. Hal ini karena pemilu melibatkan seluruh rakyat secara langsung. Melalui pemilu, rakyat juga bisa menyampaikan keinginan dalam politik atau sistem kenegaraan.

Menyongsong Pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024, Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah merasa mempunyai tanggung jawab moral untuk memberikan pendidikan politik kepada peserta didik, yang mayoritas masuk ke dalam kategori Pemilih Pemula. Oleh karenanya Madrasah Pinggiran ini terpanggil untuk melakukan sosilalisasi Pemilu 2024.

Menggandeng salah satu  Calon Legislatif Provinsi DKI Jakarta, H. Zetta, S.Ikom, Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah akan melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan gelaran  lima tahunan, yang akan memilih wakil-wakil rakyat, untuk memperjuangkan hak-hak dan kebutuhan masyarakat yang akan diperjuangkan secara konstitusional.

H. Zetta, S.Ikom merupakan salah satu calon legislatif DKI Jakarta, dari salah satu partai Islam daerah pemilihan, Tanjung Priok, Pademangan dan Penjaringan. Dalam paparan program yang disampaikan di hadapan Kepala Madrasah dan Tim Pengembang, H. Zetta akan lebih menggarap pemilih melineal Generasi Melinial, program pengentasan kemiskinan melalui pemenuhan hak-hak pendidikan masyaakat miskin kota, dan program pengentasan masyarakat miskin kota dari jeratan judi on line.

Rencana kegiatan sosialisasi terkai dengan Pemilu 2024, Tim Pengembang Madrasah sudah menyepakati waktu dan tempat pelaksanaannya. Rencananya kegiatan ini akan dilakukan terintegrasi dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), yang akan digelar tanggal 24-26 Oktober 2024 di Villa Braza Musti, Cipanan Cianjur, Jawa Barat. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]