Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasLayananTU

KANKEMENAG KOTA JAKARTA UTARA LAKUKAN MONITORING DATA EMIS DI MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH


Jakarta, 19 Oktober 2023

Kamis, 19 Oktober 2023 Tim Monitoring EMIS (Education Management Information System) Kantor Kementrian Agama (Kankemenag) Kota Jakarta Utara melakukan monitoring updating data terpadu pendukung pelaksanaan pendidikan Kementrian Agama, semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024. EMIS merupakan sistem informasi penunjang administrasi dan pendataan pendidikan agama yang ada di wilayah Kementerian Agama.


Tim yang datang sekitar pukul 11.00, WIB terdiri dari Bapak Makmun, Ibu Retno Riyanti dan Bapak  Fanni  Finalianto  Singgih.  Tim Monitoring langsung ditemui oleh Bapak Kepala Madrasah, Bapak Drs. Muslimin, yang didampingi oleh Operator Madrasah, Ibu Sondang Nauli dan Bapak ALi Helmi, S.T selaku Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan.


Setelah menyerahkan surat tugas monitoring, Tim Monitoring melakukan seremonial yang dibuka langsung oleh Kepala Madrasah. Dalam sambutannya Kepala Madrasah menyampaikan ucapan selamat datang di Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Permohonan maaf mewakili seluruh guru dan karyawan, khususnya Tim Pengelola EMIS Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmanyyah apabila selama Tim Monitoring EMIS Kemenag Kota Jakarta Utara melakukan tugas-tugasnya mendapatkan pelayanan yang tidak memuaskan. Tak lupa juga Kepala Madrasah memohon bimbingan dan pendampingan apabila ditemukan kekurangan dalam pengelolaan data EMIS.


Bapak Singgih, yang merupakan tenaga muda, energik dan berkompeten dalam bidangnya langsung melakukan monitoring terkait aplikasi EMIS yang sudah dilakukan updating oleh Ibu Sondang Nauli, yang sudah lebih 7 tahun menjadi operator madrasah. Kesesuaian data dan pencocokan data pun dilakukan dengan cermat sesuai dengan intrumen monitoring. Bagaikan Rama dan Shinta, keduanya sepertinya betul-betul menguasai pada bidangnya masing-masing. Seperti tidak mendapat kendala yang berarti  monitoring dilakukan dengan lancar, tertib dan bersifat kekeluargaan. 

Sebagai informati tambahn, data EMIS diperbaharui secara berkala setiap semester. Hal ini bertujuan agar dapat memperoleh informasi-informasi terbaru sehingga mempermudah Kepala Seksi Pendidikan Madrasah dalam mengontrol dan menganalisis informasi sebagai bahan pengambilan keputusan. Updating data EMIS juga sangat membantu Tim Pengembang Madrasah dalam penggunaan data terpadu ini untuk berbagai hal, misalnya alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), integrasi dengan sistem Raport Digitas Madrasah (RDM), integrasi pada sistem Penerimaan Maasiswa Baru baik di Kementrian Agama maupun Kementrian Pendidikan Nasional.


Di akhir pelaksanaan monitoring, Tim Monitoring EMIS Kemenag Kota Jakarta Utara memberikan apresiasi kepada Tim Pengelola data EMIS Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Temuan data yang dianalisis oleh Tim Monitoring menyatakan pengelolaan data EMIS MA YAPIS Al-Oesmaniyyah sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh Kementrian. Mudah-mudahan hal ini dapat dipertahanan dan terus ditingkatkan secara berkelanjutan dalam rangka updating data Madrasah, yang meliputi data kelembagaan, data Sarana dan Prasarana, data siswa, data Guru dan Tenaga Kependidikan serta data Rombongan Belajar. Mudah-mudahan hal ini dapat menjadi perhatihan khusus oleh Tim Pengelola Data EMIS Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah dalam rangka menuju Madrasah Unggul, Madrasah Hebat Bermartabat, Mandiri Berprestasi. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]