Post Page Advertisement [Top]

ArtikelKurikulum

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH LAKUKAN ASSESMEN TENGAH SEMESTER (ATS) GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023-2024

 
Jakarta, 9 Oktober 2023

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah melakukan Asesment Tengah Semester (ATS), Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023-2024. ATS merupakan perubahan dari Penilaian Tengah Semester (PTS), yang istilah ini mulai digaungkan bersamaan dengan diberlakukannya Kurikulum Merdeka. ATS merupakan salah satu bentuk penilaian yang diamanatkan oleh peraturan perundangan pendidikan, dalam rangka mengetahui keberhasilan proses belajar mengajar selama kurun waktu yang telah ditetantukan. 


Asesmen  Tengah Semester (ATS) adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran selama setengah semester. Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta Utara   melaksanakan ATS untuk kelas 10 sampai kelas 12 yang dimulai  pada Kamis, 4 Oktober 2023 hingga Kamis, 12 Oktober  2023.  ATS  ini dilaksanakan mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan menggunakan pendekatan soal-soal pemahaman dan literasi. Oleh karenanya Panitia Pelaksana yang diketuai oleh Bapak Basuki, S.Si, menyampaiakan bahwa seluruh soal yang diujikan harus memenuhi kaidah penulisan soal HOTs (High Order Thinking Skill). 


ATS Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah masih berbasis kertas, dalam rangka memberikan dimensi ruang dan waktu kepada peserta didik untuk melakukan eksplorasi potensi yang dimiliki dengan memberikan argumen dan langkah-langkah ilmiah dalam memberikan penyelesaian dalam masalah-masalah yang telah disajikan oleh guru mata pelajaran.

Pelaksanaan ATS ini dimaksudkan agar guru mata pelajaran mendapatkan umpan balik terkait pembelajaran yang telah berlangsung. Prinsip Penilaian pada Kurikulum Satuan Pendidikan dalam bentuk asesmen  adalah sebagai berikut :

  1. Asesmen merupakan bagian terpadu dari proses pembelajaran, fasilitasi pembelajaran, dan penyediaan informasi yang holistik, sebagai umpan balik untuk pendidik, peserta didik, dan orang tua/wali agar dapat memandu mereka dalam menentukan strategi pembelajaran selanjutnya. 
  2. Asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen tersebut, dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen aga 
  3. Asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable) untuk menjelaskan kemajuan belajar, menentukan keputusan tentang langkah dan sebagai dasar untuk menyusun program pembelajaran yang sesuai selanjutnya. 
  4. Laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif, memberikan informasi yang bermanfaat tentang karakter dan kompetensi yang dicapai, serta strategi tindak lanjut. 
  5. Hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua/wali sebagai bahan refleksi untuk meningkatkan mutu pembelajaran. 

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah berharap, fungsi-fungsi asesmen ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan, menuju peningkatan mutu pendidikan. Out pun dari pelaksanaan kegiatan ini adalah tersajinya data sebagai dasar pengambilan keputusan, terkait perbaikan pelayanan pendidikan di Madrasah Pinggiran ini secara berkelanjutan. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]