Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaan

KUNJUNGAN TIM PENGEMBANG MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH KE UIN BANTEN: KEBERMAKNAAN

 

Jakarta, 05 Desember 2023

Menurut Oxford Advanced Learners Dictionary alumni adalah mantan siswa atau peserta didik pada sekolah/madrasah, lembaga, universitas tertentu. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alumni merupakam orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau madrasah. Berdasarkan dua definisi tersebut, dapat diketahui bahwa alumni merupakan peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikannya pada suatu lembaga pendidikan, baik itu pendidikan formal maupun pendidikan non formal. 


Alumni merupakan aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan sedini mungkin oleh lembaga pendidikan. Akan tetapi dalam berbagai kesempatan, peranan alumni dalam memajukan kualitas suatu institusi pendidikan formal sering terlupakan. Pada dasarnya semua siswa yang menjalani masa pendidikan di sekolah pada akhirnya akan menjadi alumni. Maka dari itu alumni adalah salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan pada lembaga tersebut, hal itu dapat dilihat dari peran mereka dijenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun berbagai bidang pekerjaan yang mereka jalani. 


Mengingat pentingnya peranan alumni, Tim Pengembang Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah melakukan kegiatan yang dapat membangun kesinambungan dan keberlanjutan madrasah pinggir Teluk Jakarta ini.  Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan Tim Pengembang Madrasah adalah melakukan rangkaian kegiatan kunjungan alumni yang melanjutkan studi di berbagai kampus, salah satunya Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) Serang, provinsi Banten.

Ahad, 2 Desember 2023, Tim Pengembang Madrasah yang terdiri dari Ketua Tim, Bapak Basuki, S.Si, Sekretaris Bapak Ali Helmi, S.T, dan dua anggota Ibu Sondang Nauli dan Bapak Prayogi Mujahidin Akbar yang didampingi oleh Ketua Komite Madrasah, Bapak Ali Muhadi, ST melakukan kunjungan ke Kampus Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (UIN SMH) yang berada di Kota Serang, provinsi Banten.

Tim Pengembang Madrasah ditemui oleh salah satu alumni MA YAPIS Al-Oesmaniyyah, Ananda Tasya Latifa dari Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).  Dua alumni yaitu Ananda Fahri Bayhaqi Jurusan Perbankan Syariah, dan Farihin Abdul Fathin Jurusan Ilmu Tafsir tidak dapat bergabung dikarenakan keduanya berada di Jakarta. Anjangsana dilakukan di pintu gerbang kampus, dikarenakan kedatangan rombongan Tim Pengembang sudah malam, sehingga akses masuk sudah ditutup. Perbincangan dilakukan di depan kampus, walaupun sebentar namun syarat dengan kebermaknaan.


Tim Pengembang memberikan motivasi dan masukan kepada alumni untuk tetap semangat, menjaga kesehatan dan mulai untuk adaptasi dengan pembelajaran di kampus. Banyak hal yang akan didapat dari kampus sebesar UIN SMH Banten. Dan yang terpenting tetap menjaga keistiqomahan dalam peribadatan, khusunya sholat lima waktu. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]