Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasLayanan

PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH IKUTI DIKLAT PENGGUNAAN APLIKASI E-KINERJA

 

Jakarta, 10 Januari 2024

Ekinerja adalah suatu sistem yang digunakan untuk melakukan proses pencatatan kinerja pegawai negeri sipil, khususnya di Lingkungan Kementrian Agama Kota Jakarta Utara. Aplikasi ini berjalan berdasarkan data yang ada pada Sistem Informasi Kepegawaian Kementrian Agama Kota Jakarta Utara yang terhubung dengan Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 30 Tahun 2019 tentang penilaian kinerja pegawai disebutkan pada pasal 29 (1) bahwa PNS wajib melakukan pengukuran kinerja melalui sistem pengukuran kinerja. Sehingga Kementrian Kota Jakarta Utara perlu mempersiapakan penerapan sistem yang dapat melakukan pengukuran kinerja pegawai dengan menjunjung prinsip objektif, terukur, akuntabel, partisipatif dan transparan.

Data pendukung dalam pelaksanaan proses pencatatan kinerja di Kementrian Agama Kota Jakarta Utara adalah data kajian akademis terkait uraian tugas dan rincian tugas yang telah dilaksanakan pengukuran oleh tim ahli yang telah direkomendasikan oleh BKN sebagai institusi negara yang berwenang melakukan pengelolaan data para abdi negara.



Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang merupakan lembaga turunan dari Kementrian Agama Kota Jakarta Utara, menyambut baik dengan hajat Kementrian Kota untuk melakukan diklat terkait aplokasi e-Kinerja untuk memberikan informasi yang lengkap dan terupdate. Dalam diklat ini Madrasah Pinggiran Teluk Jakarta ini mengutus dua tenaga kependidikan yang mewakili yaitu Bapak Ahcmad, M.Pd, dan Bapak Prayogi Mujahidin Akbar dari unsur guru dan tenaga kependidikan.

Diklat yang digawangi oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kementrian Kota Jakarta Utara ini dilaksanakan di Aula Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Jakarta. Peserta merupakan perwakilan dari seluruh madrasah yang berada di lingkungan Kementrian Agama Kota Jakarta Utara. Setiap Madrasah, baik jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), maupun Radhautul Anfal (RA), yang memiliki pendidik yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), mengikutkan perwakilannya dalan diklat yang dilaksanakan sehari ini.

Aplikasi e-Kinerja ini dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kinerja pegawai. Dengan data – data terstruktur yang telah dihimpun, pegawai dapat melihat hasil tunjangan kinerja yang didapatkan berdasarkan pada penilaian yang ada pada aplikasi. Selain itu juga dapat menjadi indikator dalam pemberian tambahan penghasilan pegawai (TPP). Hal itu dikarenakan aplikasi ini dibekali dengan sistem yang ketat dan dapat menentukan upah pegawai berdasarkan kinerja masing – masing.

Manfaat lainnya adalah memudahkan dalam manajemen birokrasi. Sebelumnya proses input data presensi dan kinerja dilakukan secara manual oleh SKPD atau Satuan Kerja Perangkat Daerah. Dengan adanya e-Kinerja, proses tersebut dapat dilakukan secara elektronik dan otomatis.(Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]