Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKurikulum

DELAPAN BELAS SISWA ELIGIBEL MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH MELANJUTKAN TRADISI MASUK PTN FAVORIT SNBP 2024


Jakarta, 12 Februari 2024

Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta telah menetapkan delapan belas siswa eligebel berdasar keputusan Madrasah No. 185/MA-YAPIS/SKep/I/2024, yang telah disahkan oleh Kepala Madrasah, Drs. Muslimin. Siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak dan memenuhi syarat untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), yang merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri berdasarkan prestasi akademik maupun non akademik.. Tiap sekolah mempunya kuota yang berbeda untuk menetapkan siswa eligible SNBP. Kuota sekolah itu tergantung pada akreditasi sekolah masing-masing.


Salah satu kriteria siswa SMA, SMK, atau MA bisa mendaftar di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 adalah dinyatakan eligible. Dalam konteks SNBP 2024, siswa eligible adalah siswa yang dinyatakan layak sesuai syarat untuk mengikuti pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau dulu bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Prof. Ashari mengatakan kriteria siswa eligible ditentukan oleh beberapa hal. Misalnya, akreditasi sekolah. Semakin tinggi akreditasi sekolah maka jumlah siswa eligible akan semakin banyak. Misalnya sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan 40 persen siswa terbaik di sekolahnya untuk ikut SNBP 2024. Kemudian sekolah dengan akreditasi B bisa mendaftarkan 25 persen siswa terbaik di sekolahnya. Sementara itu, sekolah berakreditasi C dan lainnya dapat mendaftarkan 5 persen siswa terbaik di sekolah.


Tahun 2024, Madrasah Aliyah YAPIS meloloskan 18 siswa terbaiknya, yang terdiri dari 8 siswa jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan 10 siswa jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Jumalh ini lebih banyak dibandingkan dari dari tahun 2023, dikarenakan jumlah siswa kelas akhir mengalami peningkatan.


Kedelapan belas siswa eligibel tersebut adalah, Ananda Hilwa Rahma Hardiyanti, Ananda Ardian Rifqi, Ananda Irfah Muzayyanah, Ananda Sarah Alfianti, Ananda Zahrah Nabila Musdhalifah, Ananda Alya Fadhilah, Ananda Muhammad Akbar, Ananda Zaky Dhailami, Ananda Andi Raffi Misbahuddin Anshory, Ananda Rahmat Hidayatullah. Kesepuluh siswa tersebut mewakili kelas XII MIPA.


Sedangkan kelas XII IPS diwakili oleh Ananda Novia Maharani, Ananda Nisriina Afiifah Az Zahro, Ananda Freshy Esa Kholifia, Ananda Mutiara Nurazannah, Ananda Maya Damayanti, Ananda Sadam Aji Saputra, Ananda Muhammad Amin Ma'ruf dan Ananda Muhammad Al Husain.


Kedelapan belas siswa eligibel tersebut sudah mendapatkan pendampingan secara khusus bersama orang tua. Pendampingan langsung diberikan oleh Ketua Tim Pengembang Madrasah, Bapak Basuki, S.Si. Berbagai pertimbangan terkait proses keberlanjutan pendidikan di berbagai Perguruan Tinggi Negeri, baik menyangkut minat bakat, peluang, dan pembiayaan semuanya dikupas tuntas oleh pria yang sudah mendampingi peserta didik untuk masuk perguruan tinggi impian selama lebih sepuluh tahun. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]