Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumaskegiatanLayanan

MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH LAKUKAN PAWAI TARHIB RAMADHAN 1445 H

 

Jakarta, 08 Maret 2024

Istilah tarhib Ramadhan ini memiliki akar kata dalam bahasa Arab. Istilahnya berasal dari padanan Rihab (رحاب), Ruhbah (رحبة), dan Tarhab (ترحاب). Makna dari padanan kata-kata ini adalah ruang yang luas, ramah, kegembiraan, dan penerimaan dengan tangan terbuka. Secara bahasa, tarhib Ramadhan adalah menyambut bulan suci Ramadhan. Sejatinya, Ramadhan adalah bulan istimewa yang hanya datang satu tahun sekali. Dengan begitu, tarhid Ramadhan dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim.


Secara umum, tarhid Ramadhan adalah menyambut bulan suci Ramadhan dengan segala kesiapan, keluasan, serta kelapangan jiwa dan raga. Sebab pada bulan Ramadhan akan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan lamanya yang membutuhkan persiapan kesehatan fisik dan mental.Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyah, bersama dengan seluruh komponen Yayasan Pesantren Islam (YAPIS) Perguruan Tinggi Dakwah Islam (PTDI), diantaranya Madrasah Tsanawiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam PTDI, Badan Imaroh Masjid Al-Istiqomah melakukan Pawai Tarhib Ramadhan dalam rangkan menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijiyah.


Sesuai dengan makna tarhib ramadhan, kegiatan ini dimasud untuk memberikan ingatan kepada masyarakat luas, khususnya keluarga besar Yayasan Pesantren Islam, akan datangan bulan sucai Ramadhan 1445 H. Kegiatan dilakukan dengan mengitari lingkungan Yayasan Pesantren Islam, diantaranya Kelurahan Tanjung Priok, Kelurahan Warakas, Kelurahan Sungai Bambu dan Kelurahan Kebun Bawang.


Kegiatan Pawai Tarhib Ramadhan MA YAPIS Al-Osmaniyyah dikomandoi langsung oleh Bapak ALi Helmi, S.T selaku Wakil Madrasah Bidang Kesiswaan, Pembina OSIS Bapak Iamam Faqih, S.Pd.I, Ketua Bidang 7K, Bapak Wahidin Azam, S.Sos.I, Guru Pengampu Kelompok Agama, Bapak Sugiyanto, S,Pd,I, Bapak Achmad, M.Pd, Bapak Prayogi Mujahidin Akbar, S.Pd dan tentunya Bapak Drs. Muslimin selaku Kepala Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah.

Kegiatan Pawai dimulai dari pukul 08.00 WIB dengan melakukan dengan orasi keagamaan yang dialkukan secara bergantian oleh sejumlah Ustadz, tokoh agama, mahasiswa dan perwakilan siswa. Kegiatan Pawai juga dimeriahkan dengan penampilan hadroh Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah YAPIS Al-Oesmaniyyah. Kegiatan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB dengan akhir pawai di Gerbang YAPIS PTDI. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]