Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaan

TRADISI BERPRESTASI: 12 SISWA MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH LOLOS SELEKSI NASIONAL BERDASAR PRESTASI (SNBP) 2024

Jakarta, 26 Maret 2024

Alhamdulillah, segala puji hanya milik Alllah Penguasa Alam Semesta. Lantunan pujian kebahagiaan ini sudah seharusnya terucap dari warga Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah Jakarta. Berita Kebahagiaan bagi seluruh warga Madrasah dikarenakan 12 siswanya lolos Seleksi Nasional Berdasar Prestasi (SNBP) Tahun 2024. SNBP adalah seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik melalui rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa. SNBP merupakan salah satu jalur yang dapat ditempuh dalam proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN). Bisa di bilang SNBP adalah seleksi bergensi untuk mendapatkan tempat terhormat di Perguruan Tinggi Pemerintah.


Sebanyak 12 Siswa Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah berhasil lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 di beberapa PTN favorit 3 lolos UPI Bandung, 4 Poltek Negeri Media Kreatif Jakarta, 1 UB Malang dan 1 Poltek Negeri Jakarta, 1 UNSIKA Karawang, 1 UPN Veteran Jakarta dan 1 UNSOED Purwokerto. Pengumuman SNBP di umumkan Selasa (26/03/2024) mulai pukul 15.00 WIB melalui website resmi https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan nomer registrasi dan tanggal lahir siswa.


Perhitungan Statistik menyatakan 66,7% siswa MA YAPIS Al-Oesmaniyyah yang mendaftar di Seleksi Nasional Berdasar Prestasi Tahun 2024 ini berhasil lolos dan diterima di perguruan tinggi idaman siswa. Kepala Madrasah, Drs. Muslimin menyatakan kegembiraannya dan mengucapkan rasa syukurnya atas prestasi ini. "Selamat Anak-Anakku yang telah sukses diterima di PTN idamannya. Mudah-mudahan ini tidak menjadikan kita sombong, namun hendaklah menambah kesyukuran kita dengan meningkatkan derajat ketaatan kita pada Allah SWT. Bagi Ananda yang belum lolos, masih ada kesempatan di SPAN PTKIN yang akan diumumkan hari Selasa besuk", tegas Kepala Madrasah.


Sebagai informasi tambahan, jumlah siswa akhir Madrasah Pinggiran ini yang masuk siswa elijibel sebanyak 18 siswa. Dari 18 siswa tersebut Ketua Tim Pengembang melakukan pemetaan berdasarkan nilai rata-rata raport lima semester, prestasi siswa selama menjadi siswa madrasah yang mengusung tag line Terminalnya Anak Sholeh, Stasiunnya Orang Pinter Mitra Orang Tua Membina Putra.  Dari data yang telah dianalisis oleh Tim Pengembang Madrasah, siswa diberikan pengarahan dan petunjuk untuk mendaftar di berbagai jurusan perguruan tinggi yang sesuai dengan minat dan peluang untuk dapat diterima.


Peluang-peluang terus dibaca oleh Tim Pengembang Madrasah, termasuk memberikan motivasi kepada peserta didik dan orang tua untuk membangun kesadran melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Menurut Bapak Basuki, S.Si selaku Ketua Tim Pengembang Madrasah sekaligus Ketua Tim Penjamin Mutu, latar belakang sosial ekonomi dari peserta didik yang hampir seluruhnya berasal dari perkampungan kumuh kota, memberikan dapak pola pikir, atau kesadaran untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi cukup rendah.


Sosial Ekonomi penduduk miskin kota daerah pinggir rel Kampung Muara Bahari, Kampung Bahari, Kampung Solo Bone, Warakas, Papanggo, daerah perkampungan Lanji, dareah pinggir rel pademangan, daerah kumuh Kampung Sawah Cilincing, dan sekitarnya menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola madrasah pinggiran Teluk Jakarta ini. Berbagai upaya dilakukan untuk menaikkan angka partisipasi siswa yang menlanjutkan kuliah. Mudah-mudahan usaha-usaha Pengelola Madrasah Aliyah YAPIS Al-Ossmaniyyah dan jajarannya ini dapat memberikan efek positif untuk keberlangsungan pendidikan khusunya di daerah miskin kota. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]