Post Page Advertisement [Top]

ArtikelHumasKesiswaan

HALAL BI HALAL MADRASAH ALIYAH YAPIS AL-OESMANIYYAH: TRADISI SILAHTURAHMI PASCA LIBUR IDUL FITRI 1445 H

 

Jakarta, 25 April 2024
Mengawali pembelajaran pasca libur Idul Fiitri 1445 H, Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah melaksanakan Halal Bi Halal yang diikuti oleh seluruh warga madrasah, baik  Pimpinan dan Pengelola Madrasah, Dewan Guru, Staf dan Karyawan dan seluruh siswa-siwai. Kegiatan halal bi halal dini dilaksanakan setelah pelaksanaan muhadhoroh pagi yang dilakukan tanggal 22 April 2024. 

Arti halal bihalal adalah tradisi unik Indonesia yang bermula dari kata Arab ‘halal’ yang berarti diizinkan atau sah. Istilah ini merujuk pada tradisi pasca-Ramadan di mana masyarakat berkumpul untuk saling meminta maaf dan mempererat silaturahmi, khususnya selama Idul Fitri. Makna halal bihalal mencerminkan upaya rekonsiliasi dan memaafkan kesalahan masa lalu, sekaligus memperkuat ikatan komunitas. Halal bihalal tidak hanya menjadi wujud dari silaturahmi tetapi juga sebagai sarana untuk bersyukur kepada Allah SWT setelah sebulan penuh berpuasa.
Kepala Madrasah didampingi seluruh jajaran Pengelola dan Dewan Guru melakukan tradisi jabat tangan sebagai simbol saling memaafkan jika selama beraktifitas dan berkomunikasi terjadi kesalahpahaman atau ketidaknyamanan. Momen halal bi halal ini menjadi suasana kebatinan yang begitu mendalam untuk saling memaafkan. 

Dikutip dari laman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Ahman Rusdiana, Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN SGD Bandung, menyebutkan bahwa halal bihalal menuntut orang-orang agar menyambung hubungan yang putus, mewujudkan keharmonisan dari sebuah konflik, dan berbuat baik secara berkelanjutan.

Pesan yang berupaya diwujudkan melalui tradisi halal bi halal bukan sekadar saling memaafkan, tetapi mampu menciptakan persatuan di antara anak bangsa sehingga tercipta peneguhan negara. Karena itu, halal bihalal bukan sekadar tradisi keagamaan, tetapi juga kemanusiaan, kebangsaan, dan kemaslahatan bersama.

Diharap dengan tradisi halal bi halal ini dapat terwujud suasana kerja Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah yang semakin kondusif, nyaman, kekeluargaan, sehingga fungsi-fungsi pelayanan pendidikan di Madrasah Pinggiran ini akan terus meningkat kualitasnya. Madrasah Aliyah YAPIS Al-Oesmaniyyah terus menjadi bagian dari intitusi pendidikan yang memberikan pondasi dasar pembangunan karakter universal. (Humas MA YAPIS Al-Oesmaniyyah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]